Lion Air Buka Rute ke Berau, Gerbang Menuju Derawan

0
3075

Bagi pelancong yang ingin menuju Kepulauan Derawan, mereka biasanya memulai perjalanan dari Balikpapan dahulu, sebelum menyambung ke Berau atau Tarakan naik pesawat dengan durasi penerbangan yang sama, yakni satu jam. Dari Berau atau Tarakan, pelancong tinggal melanjutkan perjalanan dengan naik kapal cepat menuju Kepulauan Derawan.

Bila ingin menuju Kepulauan Derawan via Berau, Anda dapat memilih beberapa opsi maskapai, termasuk Lion Air yang akan membuka rute penerbangan baru antara Balikpapan dengan Berau mulai 9 September 2020.

Beroperasi satu kali sehari dengan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 kursi kelas ekonomi, pesawat dengan nomor penerbangan JT 934 ini akan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan pukul 08:20 dan tiba di Bandara Kalimarau pukul 09:20.

Sementara untuk penerbangan sebaliknya, pesawat dengan nomor penerbangan JT 935 akan mengudara dari Berau pukul 10:00 dan tiba di Balikpapan pukul 11:00. Tarif sekali jalan untuk rute ini mulai Rp500.000-an.

Maskapai penerbangan ini mengklaim bahwa seluruh armadanya telah dilengkapi dengan filter high-efficiency particulate air (HEPA) untuk menghilangkan virus dari udara. Pesawat juga rutin dibersihkan dan disterilkan untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 di dalam kabin.

Lion Air Group sendiri telah membuka kembali rute penerbangan domestik mulai 10 Juni dengan menerapkan serangkaian protokol kesehatan. Selain itu, per 21 Agustus 2020 lalu, Lion Air juga telah melanjutkan layanan penerbangan Bandung-Balikpapan. Dengan demikian, warga Bandung yang ingin terbang ke Balikpapan atau Berau tak perlu lagi ke Jakarta.

Lion Air juga akan terus menerapkan protokol kesehatan dalam operasinya. Bekerja sama dengan fasilitas kesehatan setempat, maskapai ini menawarkan rapid test Covid-19 di Balikpapan untuk penumpangnya dengan hasil tes yang berlaku selama 14 hari.

Fasilitas ini tersedia di Klinik Ibu dan Anak Juanson (Jl. Letkol Pol. H.M. Asnawi Arbain, Ruko Bintang Rubiz No. 18-19, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan) dan Alinka Health Care (Panacea Clinic) (Jl. MT. Haryono Blok AB 2 No. 18-20, Kompleks Mal Fantasi – Mall Balikpapan Baru, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan). 

Waktu layanan adalah Senin hingga Jumat pukul 08:00 hingga 16:00 serta Sabtu pukul 08:00 hingga 14:00. Minggu dan hari libur nasional tutup.

Selain menunjukkan hasil tes, penumpang juga diminta untuk mematuhi sejumlah aturan, termasuk tiba setidaknya empat jam sebelum keberangkatan di bandara; mengenakan masker sebelum penerbangan, selama di pesawat, hingga saat kedatangan; mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin; menerapkan jaga jarak aman selama di bandara; serta mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diunduh di laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here