Kuliner Khas Bangka yang Wajib Dicicipi

0
3059

Selain menawarkan pantai-pantai indah, Bangka merupakan surga bagi para pecinta kuliner, berhubung pulau ini didominasi imigran dari Tiongkok yang bekerja di tambang timah. Banyak hidangan yang terinspirasi oleh aneka hidangan Tiongkok menggunakan rempah dan hasil bumi setempat, serta aneka seafood berkualitas yang menjadi primadona hampir di setiap masakan. Berikut kuliner khas Bangka yang wajib dicicipi.

Otak-otak

Berbahan ikan tenggiri, makanan ini dikukus lalu dibungkus daun dan dibakar. Namun yang membedakan adalah sambal cocolannya, yaitu yang terdiri dari saus cuka terasi, cuka tauco, dan cuka pedas. (Rekomendasi: Otak-otak Amui (Jl. Melintas 23), Otak Otak Afung (Jl. Mayor Syafrie Rachman Belinyu))

Rusip

Merupakan ikan teri yang difermentasi, rusip merupakan sambal khas yang biasanya disantap bersama nasi dan menu pelengkap lainnya. Rusip banyak dijumpai di toko penjual makanan khas, selain juga dijual di restoran sebagai menu pendamping nasi. (Rekomendasi: Rumah Makan Dayang 2, Jl. Martadinata, Pangkalpinang)

Mi Bangka

Disebut juga pantiaw (sebutan untuk kwetiau di Bangka), mi di Bangka disajikan bersama taoge, sayuran, tahu kok (tahu bakso khas Bangka), dan daging cincang ayam atau babi. (Rekomendasi: Mie Koba Iskandar (Jl. Balai 83))

Es Kacang Merah

Mirip es campur, es kacang merah khas Peranakan ini pun menggunakan es serut yang diberi sirup dan susu kental manis dengan alpukat tumbuk dan kadang irisan kelapa muda. (Rekomendasi: Es Ayong (Jl. Theresia))

Kopi

Meski tidak memiliki perkebunan kopi, Bangka memiliki kultur kedai kopi yang kuat dengan kopi O sebagai yang paling digemari. Kopi ini biasanya disantap bersama kue semprong dan roti bakar dengan pilihan selai srikaya, telur, keju dan cokelat. (Rekomendasi: Waroeng Tung Tau, Sungai Liat)

Lempah Kuning

Hampir setiap hari warga Bangka menyantap lempah yang kuahnya hangat menyegarkan, berkat jejak asam dari nanas dan tomat yang berpadu dengan terasi khas Bangka yang rasanya tidak sekuat terasi Jawa. Ikan kuah kuning ini menggunakan ikan kerapu dan dapat disantap sebagai sup maupun bersama nasi.

Akses: Pangkalpinang bisa dicapai dari berbagai kota besar di Indonesia dengan CitilinkGaruda Indonesia, Lion Air, Batik Air, NAM Air, dan Sriwijaya Air. Sedangkan dari Belitung, tersedia kapal cepat KM Express Bahari dengan pilihan kursi VIP Rp232.000 dan eksekutif Rp202.000. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here