Terungkap, 78 Persen Wisatawan Indonesia Siap Traveling Lagi

0
2671

Menurut survei yang dilakukan Agoda, sekitar 60 persen pelancong di dunia ingin melakukan perjalanan kembali dalam waktu dekat, dengan wisatawan dari Vietnam (87 persen), Indonesia (78 persen), dan Taiwan (59 persen) yang paling tak sabar untuk traveling usai pandemi.

Survei ini juga mengungkapkan adanya pergeseran preferensi dari perjalanan internasional ke perjalanan domestik karena perbatasan masih ditutup untuk banyak negara, namun keinginan untuk terus bepergian masih ada.

Secara keseluruhan, 65 persen wisatawan ingin melakukan perjalanan domestik dalam 12 bulan ke depan, sementara 35 persen sisanya ingin melakukan perjalanan internasional.

Pejalan yang paling bersedia melakukan perjalanan domestik adalah Thailand (78 persen), Indonesia (76 persen), dan Amerika Serikat (74 persen), sementara wisatawan dari Taiwan (51 persen), Korea Selatan (45 persen), dan Arab Saudi (43 persen) lebih tertarik untuk bepergian ke luar negeri.

Jarak Bepergian

Memasuki normal baru pariwisata, mayoritas (46 persen) pelancong paling nyaman bepergian maksimal tiga hingga empat jam, dengan hampir dua pertiga pelancong Korea dan Taiwan yang merasa nyaman dengan jarak ini.

Sementara itu secara global, lebih dari seperempat wisatawan di dunia paling nyaman hanya melakukan perjalanan dua jam atau kurang. Jumlah ini meningkat menjadi lebih dari sepertiga (36 persen) untuk wisatawan Thailand dan Indonesia.

Karena wilayahnya yang luas, wisatawan Australia kemungkinan besar akan merasa nyaman bepergian lebih dari delapan jam ke destinasi liburan mereka. Mengemudi sendiri adalah transportasi pilihan bagi 28 persen pelancong di seluruh dunia, dengan mayoritas 57 persen lebih memilih perjalanan udara.

Jelajah Destinasi Lokal

Karena penguncian perbatasan di banyak negara, kebanyakan wisatawan kemudian mencari tempat-tempat yang tenang dan rileks untuk liburan selanjutnya. Tak heran bila hasil survei tersebut mengungkapkan kalau orang-orang lebih tertarik ke pantai (37 persen) dan pedesaan asri (30 persen). Sementara hanya 16 persen yang tertarik mengeksplorasi kota.

Warga Korea Selatan (34 persen), Thailand (30 persen), dan Taiwan (30 persen) adalah orang-orang yang paling senang melakukan perjalanan untuk mencari kedamaian dan ketenangan. Sementara wisata belanja lebih diminati orang Arab Saudi, di mana seperlima pelancong berniat melakukan terapi ritel untuk perjalanan selanjutnya.

Hotel-hotel berbintang empat dan lima juga kini menjadi opsi akomodasi yang paling diminati untuk perjalanan selanjutnya, diikuti oleh resor. Sementara fasilitas yang paling dicari wisatawan dalam memilih penginapan adalah in-house entertainment, dapur pribadi, dan kolam renang, yang mencerminkan tren untuk menerapkan jaga jarak fisik selama liburan.

“Perjalanan domestik kini semakin diminati, dengan lebih banyak orang yang ingin menjelajahi wilayah atau negara mereka sendiri, namun dengan jarak perjalanan kurang dari empat jam,” kata Errol Cooke, Vice President of Partner Services Agoda.

“Kampanye GoLocal kami memungkinkan para pelancong untuk menemukan hidden gem yang menarik di dekat tempat mereka tinggal dengan harga yang lebih kompetitif dari biasanya. Entah menikmati ombak, menyesatkan diri di alam, atau melakukan cafe hopping, Agoda siap membantu Anda,” lanjut Errol Cooke.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here