Tur Virtual Menyusuri Stasiun Kereta Bawah Tanah Tercantik di Dunia

0
2585

Metro Moskow dibuka pada 15 Mei 1935 dengan 13 stasiun berarsitektur sederhana. Beberapa dekade berlalu, Metro Moskow berkembang menjadi sistem transportasi terbesar di Rusia, yang memiliki sekitar 200 stasiun yang melintasi 12 jalur sepanjang lebih dari 300 kilometer. Tiap tahun, rata-rata dibuka tiga stasiun baru di Moskow, yang menunjukkan moda transportasi ini begitu penting bagi kehidupan warga ibu kota.

Tak hanya berperan sebagai penunjang sektor transportasi, stasiun-stasiun Metro Moskow diakui sebagai salah satu yang tercantik di dunia, di mana 44 stasiun dinyatakan sebagai situs warisan budaya dan memiliki koleksi berharga. Belum dapat mengunjungi ibu kota Rusia saat ini, pejalan di rumah dapat mengagumi arsitektur stasiun-stasiun tercantik di Moskow secara virtual melalui Metro 360.

Jelajahi jalur Koltsevaya yang memiliki sejumlah stasiun terbaik di Moskow, yang dapat dinikmati menggunakan headset VR (Virtual Reality). Jalur Koltsevaya dibangun pada 1950 hingga 1954 sebagai rute yang mengitari sentra Moskow, dengan tiga stasiun yang dibangun pada puncak arsitektur Stalinis, yaitu Komsomolskaya, Novoslobodskaya, dan Kiyevskaya. Total ada 12 stasiun yang dapat disusuri secara virtual dengan audio pemandu yang tersedia dalam bahasa Rusia.

Selain menjelajah stasiun, pejalan di rumah dapat mengunjungi Metro Walks yang menampilkan foto-foto dan kisah sejarah di balik Metro Moscow. Tonton juga video perjalanan meditatif bersama Anton. V yang melakoni perjalanan kereta di malam hari menyusuri jalur Lyublinsko-Dmitrovskaya yang pertama kali dibuka pada 1995, dengan 23 stasiun yang aktif beroperasi.

Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Rupa Stasiun Mayakovskaya yang dinamai setelah Vladimir Mayakovsky, salah satu penyair Rusia paling terkenal di abad ke-20, lebih seperti ballroom megah daripada sebuah stasiun kereta bawah tanah yang sibuk. Nikmati 34 karya mosaik terbaiknya yang terpampang di langit-langit stasiun, yang dibuat seniman Soviet terkemuka, Aleksandr Deineka.

Stasiun Revolyutsii Ploshchad yang dibuka pada 1938, berada dekat Red Square dan menampilkan 76 patung perunggu yang dikaryakan pematung realis sosialis, Matvey Manizer. Stasiun Novoslobodskaya yang dibuka pada 1952, terkenal dengan 32 jendela kaca patrinya. Sementara Stasiun Komsomolskaya yang tampak seperti istana, memadukan gaya kekaisaran Prancis yang megah dengan estetika Soviet. Slavyanskiy Bulvar merupakan stasiun baru yang dibuka pada 2008, cantik dengan langit-langit berkubah geometris dari marmer dan sarat desain Art Nouveau yang terinspirasi dari Metro Paris.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here