Bandara Changi Luncurkan Prosedur Keselamatan Tanpa Kontak dan Berbasis Teknologi

0
2249

Demi menjamin keselamatan penumpang dan staf bandara, Bandara Changi meluncurkan serangkaian prosedur tanpa kontak dan berbasis teknologi, yang diterapkan di seluruh area bandara. Berikut ini peningkatan layanan keselamatan yang dilakukan Bandara Changi untuk memastikan perjalanan udara aman dan nyaman.

  • Terminal 1 dan 3 Bandara Changi memiliki lebih dari 160 kios otomatis untuk check-in dan setor bagasi, di mana kios-kios otomatis ini diaplikasikan dengan fitur layar sentuh dan sensor inframerah. Demi meminimalkan kontak, penumpang hanya perlu meletakkan jari-jari mereka di atas layar tanpa perlu menyentuhnya. Semua layar di kios otomatis akan disemprot dengan disinfektan secara berkala.
  • Layar akrilik ditempatkan di tiap konter check-in sebagai lapisan pelindung antara penumpang dengan staf bandara. Bandara Changi akan memasang lebih dari 400 layar akrilik di konter informasi, check-in, imigrasi, bea cukai, dan pengembalian GST (pajak barang dan layanan).
Dok. Bandara Internasional Changi.
  • Bandara Changi menggunakan robot otomatis untuk membersihkan karpet dengan disinfektan, sedangkan robot pembersih lainnya yang dilengkapi filter HEPA (High-Efficiency Particle) akan menyaring partikel-partikel yang terdapat di lantai dan karpet.
  • Alat pendeteksi wajah dan mata akan diimplementasikan di Immigrations and Checkpoints Authority (ICA).¬†Setelah proses check-in, penumpang yang memenuhi syarat dapat melanjutkan ke imigrasi melalui jalur otomatis baru. Di jalur ini, penumpang yang telah mendaftarkan biometrik mata dan wajah diminta melihat ke kamera pemindai setelah memindai paspor untuk verifikasi identitas.
  • Bandara Changi sedang menguji coba penggunaan¬†teknologi sinar ultraviolet-C (UV-C) pada pegangan eskalator dan travellator. Bersamaan dengan ini, perangkat UV-C yang dipasang secara eksternal juga dipertimbangkan untuk diaplikasikan di 300 eskalator dan travellator di seluruh terminal. Pihak bandara juga sedang berupaya menggunakan teknologi infamerah pada tombol lift.
  • Bandara Changi akan meningkatkan frekuensi pembersihan dan disinfeksi area yang kerap disentuh dan berupaya menyediakan fasilitas toilet tanpa sentuh dengan penyiraman, keran, dan mesin sabun yang beroperasi otomatis.

Tan Lye Teck selaku Executive Vice President for Airport Management mengatakan, “Penumpang mengharapkan bandara untuk memberikan standar keselamatan dan kebersihan tertinggi, agar memberi rasa tenang selama mereka melakukan perjalanan dan kami segera mengaplikasikan langkah-langkah di atas seraya memasuki perjalanan di era normal baru. Peningkatan prosedur keselamatan menunjukkan komitmen berkelanjutan Changi Airport Group (CAG) terhadap kesehatan penumpang dan pengalaman positif selama di bandara. CAG akan bekerja sama dengan mitra penerbangan lainnya untuk menanamkan rasa percaya diri di kalangan pelancong saat berada di Bandara Changi.”

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here