Atraksi Wisata di Bone Bolango, Tak Cuma Berenang Bareng Hiu Paus

0
2246

Gorontalo memiliki banyak destinasi wisata kelas dunia yang wajib dikunjungi. Tempat seperti Pulo Cinta mungkin sudah diketahui banyak orang, sementara yang lainnya masih menunggu untuk ditemukan. 

Kebanyakan dari tempat-tempat ini berada di Kabupaten Bone Bolango yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Gorontalo. Ini adalah beberapa tempat wisata indah di Bone Bolango yang wajib dimasukkan dalam daftar perjalanan Anda selanjutnya. 

  • Pantai Botubarani

Pantai Botubarani merupakan tempat pertama yang harus didatangi ketika berkunjung ke Bone Bolango. Di tempat ini, wisatawan dapat melihat hiu paus yang menakjubkan. Pasalnya, perairan di Botubarani ini merupakan kawasan pelintasan migrasi hewan air tersebut. Airnya yang jernih membuat wisatawan dapat melihat gerakan anggun kawanan hiu paus ini dengan jelas, bahkan dari atas perahu kayu sekalipun. Wisatawan juga dapat menceburkan diri ke perairannya untuk berenang bersama hewan raksasa ini. Sensasi yang didapatkannya pasti sangat berbeda dibandingkan dengan melihatnya saja.  

Namun, perlu diketahui bahwa hiu paus tidak dapat ditemukan setiap saat di Pantai Botubarani. Biasanya, hewan ini hanya muncul pada Mei, Juni, dan November. Ada baiknya juga wisatawan menghubungi pemandu wisata setempat sebelum berkunjung untuk mencari tahu keberadaan hewan ini. 

  • Danau Perintis

Danau Perintis tidak terbentuk secara alami. Danau ini merupakan cekungan yang dibendung untuk menampung air dan mengalirkannya ke sawah-sawah warga Suwawa. Sebelum dialihfungsikan, cekungan ini sempat dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun kini, tidak tersisa sama sekali kisah suram dari masa lalunya. Saat ini Danau Perintis memiliki air yang jernih berwarna kebiruan. Di sekelilingnya tampak rumput dan pepohonan yang membuat tempat ini terlihat semakin asri. Saat cuaca cerah, wisatawan juga bisa melihat rangkaian pegunungan di yang menjulang tinggi di belakang danau ini.

Foto: Dok. Google Maps/Trevor

Tak hanya memiliki pemandangan alam yang luar biasa, Danau Perintis pun menjadi habitat banyak satwa liar. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat mendengar suara merdu burung-burung yang menetap di sana. Saat sore hari tiba, burung-burung dapat terlihat beterbangan dengan latar langit sore yang berwarna oranye kemerahan. 

  • Taman Laut Olele

Pantai Olele memiliki hamparan luas pasir putih dengan air biru yang nampak jernih. Namun daya tarik utama destinasi wisata ini bukan ada pada pantainya, melainkan kekayaan biota laut yang terdapat di dalam perairan sekitarnya. Tempat dengan nama Taman Laut Olele ini menawarkan spot menyelam dengan karakteristik yang berbeda-beda, termasuk Jinn Cave dengan sponge coral endemik yang tidak ditemukan di perairan mana pun.

Dari kedalaman dua meter saja, wisatawan sudah dapat menemukan hamparan terumbu karang warna-warni yang luar biasa indah. Di antaranya juga banyak terdapat ikan hias cantik yang sibuk keluar-masuk karang. Selain ikan, hewan kecil lainnya yang dapat ditemukan di sini adalah nudibranch, anemone shrimp, saron shrimp, dan banyak lagi. Wisatawan juga bisa menyelam dengan tenang di perairan ini berkat arusnya yang tenang.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here