10 Jam dari Seoul, Ada Pulau Serba Ungu yang Fotogenik

0
2455

Indonesia rencana buka gelembung perjalanan (travel bubble) dengan sejumlah negara untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, salah satunya dengan Korea Selatan. Rencana bilateral ini diharapkan akan membuka penerbangan langsung ke negara tujuan dan memperoleh kemudahan birokrasi saat memasuki destinasi. Jika sudah diizinkan untuk berkunjung kembali ke Korea Selatan, pergilah ke Purple Island yang fotogenik, destinasi cantik yang lanskapnya serba ungu.

Berlokasi di Sinan County yang masuk wilayah South Jeolla, keberadaan Purple Island yang fotogenik bermula saat warga lokal menanam lebih dari 40.000 lavender di Bandwol-do dan Park-jido pada 2019. Seiring berjalannya waktu, pemandangan makin semarak, di mana warna ungu tidak hanya berasal dari lavender, juga dari sejumlah bangunan di pulau tersebut, seperti pada jembatan, atap bangunan, hingga jalanan. Bahkan, tidak jarang penduduk setempat sengaja mengenakan pakaian dan peralatan rumah tangga berwarna ungu.

Instagram @mikechang3192

Banwol-do yang berarti half moon island merupakan destinasi fotogenik yang menyenangkan, yang tiap sudutnya cantik dibidik kamera. Pejalan dapat berpose di Purple Bridge, di plang Purple Island yang berbentuk bulan sabit dengan patung Little Prince dengan rubahnya, atau menyusuri ladang lavender. Nikmati suasana khas daerah pesisir dengan berjalan kaki atau bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam.

Jika ingin mengitari Purple Island, pejalan dapat menyewa sepeda dengan tarif mulai 5.000 won (sekitar Rp60.000) per jam atau sekalian saja bermalam di salah satu homestay dengan biaya sewa mulai 50.000 won (sekitar Rp600.000) per malam. Menyadari Purple Island semakin populer di media sosial, warga setempat menyiapkan infrastruktur pendukung, meliputi hotel, restoran, toilet umum, area foto yang artistik, dan jembatan ungu yang menghubungkan dua pulau, Bandwol-do dan Park-jido.

Instagram @sudar_choi

Pejalan dapat mengakses Purple Island dengan menaiki kereta dari Terminal 1 di Bandara Internasional Incheon menuju pusat kota Seoul. Dari Seoul, naik Korean Train Express (KTX), turun di Stasiun Mokpo, lanjutkan dengan bus ke Anjwa-Myeon. Tiba di Anjwa Village, ada bus yang akan mengantar ke Purple Bridge. Dibutuhkan sekitar 10 jam perjalanan dari Seoul untuk mencapai Purple Island.

Teks: Priscilla Picauly

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here