4 Kota Terbaik untuk Dijelajahi dengan Sepeda

0
2067

Berkeliling kota dengan sepeda bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sepeda memberi pelancong lebih banyak kebebasan untuk berhenti dan melihat berbagai atraksi menarik yang mungkin terlewatkan jika melakukan perjalanan dengan kereta atau mobil.

Memang tidak semua tempat dapat dijelajahi dengan sepeda, entah karena kondisi geografisnya atau jalan-jalannya yang kurang memadai. Tapi ketika berkunjung ke kota-kota di bawah ini, jangan lupa untuk menjelajahi keindahannya dari atas sepeda. Ini adalah empat kota terbaik untuk wisata sepeda.

  • Osaka, Jepang 

Osaka dengan jalan-jalannya yang datar merupakan salah satu kota paling ramah sepeda. Tidak heran jika penduduk lokal memilih sepeda sebagai moda transportasi utama mereka. Wisatawan dapat menggunakan sepeda untuk menjelajahi area Dotonbori, jalan sepanjang 2,5 kilometer yang dipenuhi deretan toko-toko kecil. Ini merupakan cara terbaik untuk mencoba berbagai makanan khas Jepang sambil menikmati budaya dan kehidupan malam setempat. 

Dotonbori

Tempat wisata lain yang juga dapat dijelajahi adalah Osaka Castle. Dengan area seluas 61.000 meter persegi, sepeda menjadi opsi yang lebih baik ketimbang berjalan kaki untuk berkeliling Osaka Castle. Dengan sepeda, wisatawan dapat menjelajahi lebih banyak tempat. Mulai dari Ote Gate, Nishinomaru Garden, hingga Gokuraku Bridge yang merupakan spot foto populer. 

  • Xiamen, Cina

Memasukkan Xiamen ke dalam daftar ini bukan perkara sulit. Kota ini memiliki jalan layang khusus sepeda terpanjang di dunia. Jalan layang ini memanjang hingga 7,6 kilometer, melewati tiga pusat bisnis dan lima perumahan.

Foto: Dok. Dissing+Weitling

Jalan ini memberikan akses mudah dan bebas macet ke berbagai transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan gedung-gedung lainnya. Total, ada 11 pintu masuk dan keluar di sepanjang jalan layang ini. Tempat wisata ramah sepeda lainnya di Xiamen yang wajib dikunjungi adalah Pantai Baicheng, Hulishan Cannon Fort, dan Xiamen International Conference Center. 

  • Taipei, Taiwan

Taipei merupakan kota lainnya yang cocok untuk dijelajahi dengan sepeda. Sebagian besar destinasi wisata populernya berada di tengah kota dengan lokasi yang berdekatan. Di pusat kotanya, penanda untuk jalan-jalan khusus sepeda bisa terlihat dengan jelas. Berkeliling dengan sepeda, wisatawan dapat dengan mudah menikmati berbagai atraksi yang ditawarkan Taipei tanpa terjebak kemacetan.  

Salah satu rute yang bisa diambil untuk pengalaman bersepeda yang santai adalah di sepanjang Weishu Road. Di sini, wisatawan dapat menikmati sarapan pagi di Yong He Soy Milk. Selanjutnya, wisatawan bisa berkunjung ke Guanghua Digital Plaza sebelum jalan-jalan di Songshan Cultural and Creative Park. 

  • Tokyo, Jepang

Meski memiliki jaringan kereta api yang luar biasa, bersepeda juga merupakan cara terbaik untuk menjelajahi Tokyo. Banyak penduduk lokal yang juga memilih sepeda sebagai moda transportasi mereka. Jadi wisatawan tidak perlu takut untuk bergabung dengan mereka, bersepeda di sepanjang trotoar.

Salah satu rute populer untuk para pesepeda adalah jalanan di sekitar Imperial Palace. Lokasi lainnya, seperti area Daikanyama dan Aoyama dengan jalan-jalan kecil bebas mobil dan butik-butik cantik di kiri-kanannya, juga merupakan tempat yang sempurna untuk bersepeda. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here