Tanpa Perlu Keluar Rumah, Ini Cara Seru Rayakan Summer Solstice

0
2101

Perayaan summer solstice atau mengamati titik balik matahari saat musim panas merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu. Dengan pandemi yang masih berlangsung di banyak negara, perayaan tahun ini memang tak bisa dihadiri secara langsung. Sebagai gantinya, Anda dapat merayakan summer solstice ini secara virtual. Berikut beberapa perayaan summer solstice yang sayang untuk dilewatkan.

  • Stonehenge – Wiltshire, Inggris

Berkumpul di Stonehenge untuk menyaksikan matahari pertengahan musim panas yang terbit di balik situs kuno Heel Stone masih bisa dilakukan tahun ini, walaupun tidak secara langsung. Ya, situs yang selalu ramai pengunjung saat summer solstice ini telah tutup sejak 18 Maret, dan akan tetap demikian hingga 4 Juli mendatang. Sebagai gantinya, orang-orang di seluruh dunia dapat menuju laman Facebook English Heritage, yang akan melakukan streaming saat matahari terbenam pada 20 Juni pukul 21:26 waktu setempat (atau 21 Juni pukul 03:26 WIB) dan matahari terbit pada 21 Juni pukul 04:52 waktu setempat (atau pukul 10:52 WIB). Setiap siaran langsung ini akan berlangsung sekitar 30 menit, dan bila ketinggalan, Anda tetap bisa menonton siaran ulangnya di Facebook.

  • Summer Solstice Indigenous Festival – Ottawa, Kanada

Berlangsung selama tiga hari, Summer Solstice Indigenous Festival di Ottawa dirayakan bersamaan dengan Hari Aborigin Nasional. Konon kawasan tersebut merupakan wilayah tradisional orang-orang Algonquin sebelum Ratu Victoria mendeklarasikan Ottawa sebagai ibu kota Kanada. Selama festival, biasanya wisatawan dapat mencicipi makanan racikan koki lokal yang terkenal, menjajal kostum tradisional, dan menonton acara budaya. Tahun ini, seluruh acara summer solstice di Ottawa akan digelar secara virtual dengan berbagai acara menarik, termasuk konser tari, musik, dan teater yang semuanya ditampilkan secara langsung. Untuk daftar lengkapnya, kunjungi laman ini.

  • Fête de la Musique

Titik balik matahari musim panas juga bertepatan dengan Fête de la Musique, yang juga dikenal sebagai Hari Musik Dunia, sebuah inisiatif musik tahunan dari Prancis yang digelar setiap 21 Juni. Di seluruh penjuru negeri, berbagai pesta musik jalanan telah meramaikan pertengahan musim panas selama beberapa tahun terakhir ini. Tahun ini, Bands In Town, yang bekerja sama dengan organisasi nirlaba Le Bureau Export, akan menggelar konser streaming melalui Twitch pada 21 Juni pukul 19:00 WIB hingga 22 Juni pukul 05:00 WIB yang diisi oleh sejumlah artis lokal ternama, seperti Ayo, Kungs, dan Kiddy Smile.

  • Wonderland

Digelar oleh Into the Wild Festival yang bekerja sama dengan Wider Horizons Festival dan Aniwa Gathering, Wonderland Summer Solstice menawarkan banyak acara untuk orang-orang di seluruh dunia yang ingin ikut merayakan titik balik matahari musim panas, walau hanya secara virtual. Beberapa kegiatan yang ditawarkan antara lain workshop kerajinan tangan, tarian eksotis, talk show bersama para tetua suku asli, gelaran musik live, dan pemutaran film, yang semuanya diputar di laman Facebook dan Zoom mulai 19 hingga 21 Juni.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here