Tokoh Dunia yang Menginspirasi Perjalanan #5: Nelson Mandela

Pernah mendapat tantangan untuk menjawab nama tokoh yang ingin Anda ajak makan malam sambil berbincang seru? Bila tokoh terkenal berikut menginspirasi Anda, mungkin sudah saatnya merencanakan perjalanan ke tempat yang dekat dengan kehidupan mereka.

Johannesburg, Afrika Selatan

Soweto (South Western Township), daerah urban di barat daya Johannesburg, merupakan kawasan pemukiman kulit hitam terbesar di Afrika Selatan sekaligus lokasi yang menjadi simbol perlawanan terhadap rezim supremasi kulit putih. Di sinilah pemimpin revolusioner anti-apartheid dan presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan Nelson Mandela pernah menetap mulai 1946 hingga 1962.

Rumahnya yang bernama House 8115 di sudut jalan Vilakazi dan Ngakane adalah tempat tinggalnya bersama istri pertama, Evelyn Ntoko Mase, dan setelah perceraiannya, bersama istri kedua, Winnie Madikizela-Mandela. Mandela sendiri tidak banyak melewatkan waktu di rumah tersebut, terutama setelah perannya dalam perjuangan anti-apartheid membuatnya dipenjara pada 1962.

Patung Nelson Mandela di Nelson Mandela Square, Johannesburg

Madikizela-Mandela tetap tinggal di rumah tersebut bersama kedua anaknya sampai ia diusir ke Brandfort pada 1977. Setelah menjalani 18 tahun penjara di Robben Island, Mandela kembali ke House 8115 selama 11 hari sebelum pindah ke Houghton. Beliau kemudian mendonasikan bangunan sederhana tersebut ke Soweto Heritage Trust pada 1997 untuk dikelola sebagai museum.

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” (Nelson Mandela)

Tahukah Anda?

Nelson Mandela mengakui dirinya adalah pengagum berat Spice Girls, grup musik tersukses secara komersial di Inggris setelah The Beatles. Ketika bertemu Spice Girls pada 1997, ia menobatkan pertemuan tersebut sebagai salah satu saat paling berharga dalam hidupnya. Ia bahkan menyebutkan bahwa dirinya lebih terpesona ketika bertemu Spice Girls ketimbang saat bertemu Bill Clinton, Tony Blair, atau Kofi Annan.

Teks: Melinda Yuliani

Sebelumnya: Tokoh Dunia yang Menginspirasi Perjalanan #4: Mother Teresa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here