Keliling Berbagai Kota di Dunia Tanpa Tinggalkan Rumah, Begini Caranya!

0
1469

Sejak wajib diam di rumah selama pandemi corona, orang-orang jadi lebih mengapresiasi hal-hal kecil, seperti sekadar mengendarai mobil di tengah kemacetan sembari mendengarkan radio untuk mengisi waktu. Tentu saja dengan PSBB yang masih berlangsung, Anda tak dapat keluar keliling kota hanya untuk menghibur diri atau mengusir rasa bosan – namun sebagai gantinya, Anda dapat menjajal berkendara secara virtual ke berbagai kota di dunia.

Aplikasi  Drive & Listen karya Erkam Şeker memungkinkan orang-orang untuk mengunjungi berbagai kota secara aman dari dalam rumah. Melalui aplikasi yang bisa diakses di situs ini, Anda dapat merasa seolah-olah berada dalam mobil dan berkendara keliling kota. Saat ini, ada 44 kota yang dapat dipilih di aplikasi Drive & Listen. Mulai dari Singapura, Tokyo, Barcelona, Los Angeles, dan masih banyak lagi. Sesuai namanya, aplikasi Drive & Listen juga menyediakan stasiun radio dari masing-masing kota yang dapat dinikmati saat berkendara virtual.

Pengoperasian aplikasi Drive & Listen sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi di desktop atau smartphone. Selanjutnya, Anda dapat memilih kota yang hendak dikunjungi. Setelah memilih kota tujuan, Anda bisa menyalakan radio untuk mendengarkan lagu atau bahkan berita lalu lintas kota tersebut. Ada beberapa stasiun radio yang bisa dinikmati sambil keliling kota. Selanjutnya, Anda tinggal duduk santai dan membiarkan video dan musik berputar sambil menikmati pemandangan kota.

Untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih autentik, Anda dapat menyalakan suara lalu lintas kota, lengkap dengan derungan mesin mobil dan suara klakson yang keras. Saat berkendara, Anda mungkin akan mengenali beberapa tempat ikonik dari kota tersebut. Di Roma, misalnya, Anda akan dibawa ke Spanish Steps dan Colosseum. Sementara di Tokyo, Anda dapat melihat Tokyo Tower yang spektakuler dari kejauhan.

Aplikasi Drive & Listen berawal dari kerinduan Şeker akan tempat tinggalnya. Ia berasal dari Istanbul, tapi sedang menempuh studi S2 di Munich, Jerman. Untuk mengobati rasa rindunya, Şeker membuat Drive & Listen supaya bisa melihat kota kelahirannya dan merasa sedang berkendara di jalan-jalannya yang sibuk. Şeker memanfaatkan video dari dashcam untuk menciptakan pengalaman berkendara virtual ini. Selanjutnya, ia menambahkan lagu dari stasiun radio lokal agar pengalaman berkendara ini makin terasa nyata.

Tanpa disangka-sangka, aplikasi ini berkembang menjadi suatu wadah yang memungkinkan orang bisa berkunjung dari satu kota ke kota lain selama berada di dalam rumah karena pandemi corona. Untuk menjawab permintaan banyak orang, Şeker juga bertekad untuk terus menambahkan lebih banyak pilihan kota setiap harinya. Jadi, selalu ada sesuatu yang baru dan layak ditunggu dalam aplikasi Drive & Listen.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here