Spanyol Mulai 4 Tahap Menuju Normalisasi

0
1253

Setelah mengunci diri selama tujuh minggu untuk membendung penyebaran virus corona, Spanyol memulai empat tahap menuju normalisasi. Setiap fase dari rencana empat tahap ini akan berlangsung selama dua minggu, untuk kemudian dikaji kembali apakah negara siap bergerak ke fase selanjutnya. Jika keempat fase ini berjalan lancar, Spanyol akan kembali ke kehidupan normal di akhir Juli.

Dalam fase nol ini, pemerintah Spanyol mulai melonggarkan pembatasan dan mengizinkan warga untuk pergi keluar rumah. Warga negara Spanyol dapat meninggalkan rumah mereka, tetapi hanya pada jam-jam tertentu yang dijadwalkan sesuai dengan usia mereka. Orang dewasa diizinkan keluar antara pukul 06:00 hingga pukul 10:00, dan lagi di pukul 20:00 sampai pukul 23:00. Senentara orang lanjut usia dan orang sakit diperbolehkan keluar pukul 10:00 sampai pukul 12:00, dan di antara pukul 19:00 hingga 20:00. Anak-anak dapat keluar rumah antara pukul 12:00 hingga 19:00, namun hanya selama satu jam dan harus didampingi oleh orang dewasa.

Setelah melewati fase nol, provinsi-provinsi di Spanyol yang berhasil melewati tahap ini akan masuk dalam fase pertama. Di fase ini, sebanyak 300.000 pekerja non-esensial juga diizinkan untuk kembali bekerja dalam fase pertama ini. Beberapa usaha kecil sudah boleh beroperasi tetapi dengan memerhatikan standar kesehatan yang baik. Beberapa bar dan restoran sudah dapat mulai membuka teras-teras mereka untuk melayani pelanggan dengan kapasitas maksimum 50 persen. Hotel juga sudah boleh kembali beroperasi, namun dengan tetap menutup area-area publik di dalamnya, seperti restoran dan kolam renang. Selain itu, pemerintah Spanyol juga akan membuka kembali tempat-tempat ibadah dengan ketetapan jumlah kapasitas maksimum sebesar 30 persen. Dalam fase satu, kontak sosial terbatas juga sudah boleh dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil.

Fase kedua memulai dibukanya tempat-tempat umum secara lebih luas, tetapi tetap dengan kapasitas terbatas. Dalam fase ini, restoran mulai diizinkan menerima pelanggan di dalam gedung dengan kapasitas maksimum 50 persen. Bioskop juga akan kembali dioperasikan dengan jumlah penonton tidak lebih dari 30 persen total kapasitas. Pusat-pusat kebudayaan, seperti museum dan galeri seni, juga akan kembali buka. Acara di luar ruangan sudah boleh digelar dengan jumlah peserta maksimal 400 orang. Spanyol juga akan memulai kembali kegiatan berburu dan olahraga memancing yang populer di negara tersebut.

Jika semuanya berjalan lancar, Spanyol akan melanjutkan ke fase tiga. Orang-orang akan diberi lebih banyak kebebasan dalam bepergian. Namun, pemakaian masker wajah tetap disarankan saat berada di tempat-tempat umum. Sekolah juga bisa kembali beroperasi, meski mungkin banyak di antaranya yang memutuskan untuk buka pada September mendatang. Di sisi industri bisnis, toko-toko boleh buka dengan kapasitas maksimal 50 persen dan tetap menerapkan aturan jaga jarak. Pantai juga akan mulai dibuka pada fase ketiga ini.

Proses pembukaan kembali Spanyol dilakukan secara bertahap untuk memastikan kesiapan tiap-tiap daerah. Untuk itu, perjalanan antarprovinsi dan antarpulau dilarang sama sekali agar tidak menyebabkan terciptanya gelombang baru virus corona. Negara-negara Eropa lain yang juga sudah mulai melonggarkan aturan lockdown-nya adalah Italia, Prancis, dan Inggris.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here