3 Negara yang Kerap Diincar untuk Menikmati Cherry Blossom

0
1365

Tahun ini pejalan mesti melewatkan kesempatan untuk menikmati cantiknya bunga sakura yang bermekaran. Sembari berharap tahun depan pandemi sudah berakhir dan pembatasan perjalanan global dicabut, pejalan dapat memanfaatkan momen karantina dengan mencari tempat-tempat terbaik untuk menikmati cherry blossom di tiga negara di Asia Timur.

Jepang

  • Taman Chidorigafuchi

Tempat terbaik untuk menikmati bunga-bunga sakura bermekaran tentu saja di taman kota, dan Tokyo sang ibu kota memiliki banyak ruang hijau yang bisa dijadikan sebagai objek wisata, namun Taman Chidorigafuchi menjadi favorit warga lokal juga wisatawan, yang hanya berjarak lima menit jalan kaki dari Stasiun Kundanshita. Dulu, lebih tepatnya pada abad ke-17, area sekitar taman merupakan sebuah parit yang mengelilingi istana kerajaan, kini, berubah menjadi taman kota dan menjadi lokasi terbaik untuk melakukan hanami, yakni tradisi orang Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura bermekaran yang dilakukan dengan piknik dan pesta makan di bawah pohon sakura.

  • Kastel Osaka

Sebagai salah satu kastel dan benteng yang sudah digunakan sejak zaman Azuchi Momoyama hingga zaman Edo, Kastel Osaka terbaik dari segi pemandangan karena memiliki sekitar 4.300 pohon sakura yang mengelilingi area tersebut. Tak heran wisatawan yang bertandang ke Osaka menjadikan kastel ini sebagai tempat terbaik untuk menikmati bunga-bunga yang mekar. Biasanya para pengunjung akan menelusuri Taman Nishinomaru yang menyajikan hamparan rumput yang luas dan latar pemandangan yang menakjubkan, berlawanan dengan posisi kastel. Para pengunjung menghabiskan waktu dengan piknik di bawah pohon-pohon sakura atau cukup menikmati kudapan dari kedai makanan yang tersedia di area sekitar kastel.

  • Arashiyama

Kota Kyoto begitu membekas bagi siapapun yang singgah, terutama saat musim sakura tiba. Wisatawan begitu mudah menemukan taman-taman kota di Kyoto untuk menikmati momentum istimewa ini, tapi jika tertarik dengan tempat yang lebih tenang, kunjungilah Arashiyama, di mana pengunjung bisa melakukan perjalanan sehari di taman ini karena areanya yang cukup luas dan banyak titik yang bisa ditelusuri. Taman Nakanoshima menjadi pilihan terbaik untuk merasakan pengalaman hanami, di mana pengunjung akan dikelilingi barisan pohon-pohon sakura, pemandangan ikonik dari Jembatan Togetsukyo yang memanjang di atas Sungai Hozu.

Korea Selatan

  • Taman Yeouido Hangang

Datangnya musim semi dan momentum cherry blossom di Taman Yeouido Hangang juga dibarengi dengan Festival Bunga Musim Semi Yeouido yang biasa digelar sekitar pertengahan April. Biasanya warga lokal dan wisatawan akan membanjiri Jalan Yunjunro sepanjang enam kilometer, di mana tersaji sekitar 1.000 pohon sakura, selain itu, terdapat juga aneka tanaman lain yang menghiasi pemandangan jalan. Tunggulah hingga malam karena suasana festival semakin hidup dengan pohon-pohon sakura yang dipasangi lampu warna-warni serta pertunjukan seni di area terbuka.

  • Stasiun Gyeonghwa

Taman kota selalu menjadi incaran untuk melihat kecantikan bunga sakura, namun di kota Busan, tepatnya di Staisun Gyeonghwa, pengunjung bisa menikmati sisi lain cherry blossom layaknya adegan di film romantis. Berlokasi di Jinhae di utara Busan, pengunjung akan menemukan jalur kereta api sepanjang 800 meter yang berdiri di antara jajaran pohon-pohon sakura, yang membentuk barisan sempurna. Di sini pula kerap diadakan Festival Jinhae Gunhang yang memberi kesempatan pengunjung untuk menaiki kereta api dengan kecepatan rendah untuk menikmati sisi lain sakura.

  • Pulau Jeju

Identitas pulau cantik ini dikenal sebagai satu kawasan di Korea Selatan yang berlatar laut dan area hijau yang menakjubkan, terlebih saat musim sakura mekar tiba. Warna merah muda seketika menjadi permandangan fantastis yang bisa ditemui di Jeju, apalagi jika wisatawan tiba bersamaan dengan penyelenggaraan Festival Cherry Blossom Jeju yang digelar di Distrik Jeonnong-ro. Selain menyajikan kecantikan pohon-pohon sakura, festival ini juga menghadirkan pasar loak dan pertunjukan tradisional Korea sepanjang jalan.

Taiwan

  • Taman Nasional Yangmingshan

Berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan yang merayakan momentum cherry blossom sekitar Maret dan April, di Taiwan sedikit lebih cepat, yakni sekitar awal Februari. Bagi masyarakat lokal di kota Taipei, kunjungan ke Taman Nasional Yangmingshan menjadi pilihan terbaik untuk menikmati bunga sakura bermekaran, di samping itu dapat pula menikmati flora lain, seperti bunga peony dan lili. Selain mengitari taman nasional yang cantik dengan aneka flora, pengunjung pun bisa mengunjungi sumber air panas atau menjelajah area dengan trekking ke beberapa titik pendakian.

  • Kawasan Pertanian Wuiling

Jepang menawarkan tradisi hanami dengan piknik di bawah pohon sakura, lain hal dengan Taiwan yang merayakan musim ini dengan berkemah di glamping (glamorous camping) di Kawasan Pertanian Wuiling. Area berkemah dibuat menghadap Gunung Syueshan, dekat dengan danau yang memberi suasana damai dan tentu saja alam yang elok. Pengunjung taman dapat sekalian mendatangi kebun buah organik, seperti kebun apel dan persik.

  • Alishan

Salah satu lanskap alam terkenal di Taiwan, Alishan terdiri jajaran gunung yang menampilkan pemandangan spektakuler, terutama saat pagi menjelang. Objek alam ini menghadirkan perkebunan teh yang terhampar luas, jalur pendakian, dan tentu saja bunga-bungaan khas musim semi yang cantik tiada tara. Bagi pengunjung Alishan yang ingin menghabiskan momen cherry blossom di sini, bisa mengambil rute pendakian Zhaoping, di mana sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan bunga khas musim semi, termasuk latar pengunungan yang menunjukkan jalur kereta api.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here