Hindari Meluasnya Penyebaran Virus Corona, Oktoberfest 2020 Resmi Dibatalkan

0
1052

Festival rakyat dan bir yang rutin diadakan di Munich, Oktoberfest, terpaksa dibatalkan tahun ini karena alasan keamanan terkait pandemi virus corona. Menurut Markus Soeder selaku Perdana Menteri Bavaria menyatakan, “Kami sepakat bahwa risikonya terlalu besar jika perhelatan tahunan ini tetap diadakan.”

Walikota Munich, Dieter Reiter mengungkapkan, “Rencananya Oktoberfest tahun ini akan berlangsung dari 19 September hingga 4 Oktober, yang diperkirakan akan menyebabkan kerugian hingga 1,2 miliar euro bagi bisnis lokal yang terlibat, seperti hotel, restoran, dan pengemudi taksi akibat pembatalan ini.” Pemerintah Jerman sendiri telah melarang berbagai pertemuan publik besar-besaran paling tidak hingga Agustus mendatang. Oktoberfest bukanlah festival yang dapat ditunda atau diganti waktu perayaannya, karena sudah menjadi tradisi selama lebih dari dua abad.

Tradisi Berusia 200 Tahun

Oktoberfest menjadi tradisi tahunan yang sudah berlangsung sejak 200 tahun lalu. Selebrasi ini memiliki kisah menarik di awal mula penyelenggaraaannya. Diawali dari momen Pangeran Ludwig yang menikah dengan Puteri Therese dari Saxony-Hildburghausen pada 12 Oktober 1810. Saat itu warga kota Munich diundang untuk menghadiri festival di halaman depan gerbang kota untuk merayakan momentum tersebut. Di akhir perayaan diadakan pacuan kuda sebagai penanda berakhirnya seremoni.

Kemudian diputuskan bahwa pacuan kuda tersebut berlangsung tiap tahunnya yang tentu saja menjadi permulaan dari tradisi Oktoberfest. Di tahun berikutnya tidak hanya menyajikan parade lomba kuda, turut pula digelar pertunjukan agrikultur yang diadakan demi meningkatkan produksi agrikultur Jerman saat itu. Lomba pacuan kuda masih berlangsung hingga sekarang, sedangkan untuk pertunjukan agrikultur diadakan tiap tiga tahun sekali selama Oktoberfest berlangsung.

Hingga saat ini Oktoberfest menjadi salah satu festival yang sudah mendunia dan dikunjungi jutaan orang dari seluruh dunia setiap tahunnya. Festival berlangsung dari minggu ketiga di September hingga hari Minggu pertama di Oktober.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here