Kediaman Raja-raja Prancis yang Sarat Kisah Kontroversial

0
1268

Istana Versailles adalah salah satu destinasi populer di Prancis dan dunia, yang selalu dipadati wisatawan setiap tahunnya. Di pertengahan Maret 2020, istana yang pernah menjadi kediaman raja-raja Prancis antara 1662 hingga 1782 ini mesti menghentikan sementara kegiatan operasionalnya hingga batas waktu yang tidak ditentukan, hal ini dilakukan sebagai langkah pengamanan terkait merebaknya virus corona.

Tak hanya sarat sejarah, ada sejumlah fakta unik mengenai istana megah ini yang menarik untuk disimak. Inilah hal-hal menarik yang perlu diketahui mengenai Istana Versailles.

1. Para ahli memperhitungkan bahwa pembangunan Istana Versailles menghabiskan biaya antara 200 hingga 300 milyar dolar Amerika, di mana Raja Louis XIV menghabiskan sekitar sepertiga dana hanya untuk membangun air mancur di taman.

2. Secara total, Istana Versailles memiliki 700 kamar, 67 tangga, dan 1.200 perapian yang tersebar di bangunan seluas 2.014 hektar.

3. Istri Raja Louis XVI, Marie Antoinette, membangun tanah miliknya sendiri yang disebut The Petit Trianon, yang ia gunakan sebagai tempat peristirahatan pribadi. Di situ terdapat teater, area pertanian, serta kuil cinta yang terdiri dari lusinan patung dewa asmara. Ia juga memiliki gua pribadi di tempat terpencil yang dihiasi tanaman-tanaman.

4. Area taman Versailles merupakan salah satu yang terbesar di dunia, yang menampilkan 372 patung, 55 fitur air, 600 air mancur, dengan lebih dari 20 mil kanal. Setiap tahunnya terdapat sekitar 210.000 bunga dan 200.000 pohon yang ditanam, sehingga aroma sekitar taman begitu kuat. Di abad 17, banyak pengunjung taman merasa sakit akibat tajamnya aroma bunga dan tanaman saat mengitari taman.

5. Versailles yang tidak berada dekat sungai tentu memengaruhi distribusi air untuk mengairi ratusan air mancur yang diinginkan raja. Sebagai solusi, dibangunlah saluran udara dan bawah tanah untuk memasok air. Walau begitu, keterbatasan air tetap menjadi masalah. Untuk menyiasatinya, saat raja mengunjungi taman, staf istana hanya menyalakan air mancur yang berada di hadapan raja saat ia melewatinya dan menonaktifkan kucuran air di air mancur lain.

6. Hall of Mirrors merupakan salah satu area ikonik di Versailles yang dihiasi 357 cermin. Kisah di balik cermin-cermin cantik ini melibatkan pembunuhan sadis, di mana saat itu Venesia memonopoli pembuatan cermin dan Prancis tak mau kalah gengsi karenanya, sehingga meminta perajin Venesia membuat cermin istimewa untuk Versailles. Karena telah membuatkan cermin bagi Prancis, perajin-perajin ini lantas dibunuh oleh kelompok Italia.

7. Besarnya luas istana memengaruhi letak satu area dengan area lainnya berjauhan, seperti letak dapur dengan ruang makan raja, sehingga makanan raja sering disajikan dingin.

8. Kamar tidur Raja Louis XIV adalah ruangan paling penting di istana. Ada dua peristiwa penting yang dilakukan setiap hari, yaitu saat ia bangun dan tidur yang dikelilingi orang-orang penting dan dilakoni upacara khusus untuk mengenakan dan melepas sepatunya.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here