Bak Negeri Dongeng, Taman di Bondowoso Ini Punya Pemandangan Sureal

Taman Galuh menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau dengan hamparan bunga dan ilalang di kaki bukitnya. Pesonanya pasti membuat orang-orang jatuh cinta hingga ketagihan untuk kembali lagi dan lagi.

0
1113

Belum banyak orang yang mengenal nama Taman Galuh. Meski terletak di Kabupaten Bondowoso, destinasi wisata alam ini masih kalah populer dari tempat-tempat seperti Kawah Ijen dan Kawah Wurung. Padahal, Taman Galuh yang berada di kaki Gunung Crengih ini juga memiliki pesona yang tidak kalah cantik.

Keindahan Taman Galuh dengan bukit-bukit tinggi beragam ukuran sudah dapat dinikmati dari kejauhan. Bukit-bukit ini membingkai lahan hijau landai yang dipenuhi hamparan bunga berwarna ungu dan putih di musim-musim tertentu. Dari ladang terbuka ini, pengunjung dapat menikmati liuk-liuk tanah berbukit hasil ukiran alam yang membentang sejauh mata memandang.

Instagram @sigitdim

Di tengah ladang yang terletak di kaki bukit, pengunjung bisa menemukan sebuah pondok sederhana dengan bendera merah putih di atasnya. Pondok sederhana ini juga merupakan pos terakhir sebagai penanda telah sampai di Taman Galuh. Di dalamnya, pengunjung dapat beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam perbukitan tempat wisata ini. Sambil ditemani angin sepoi-sepoi, pengunjung juga dapat menyantap bekal makanan dari rumah. Tempat wisata ini memang belum dipenuhi dengan warung-warung makanan sehingga semua perbekalan harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan. Namun, tidak adanya pedagang justru membuat alam sekitar Taman Galuh tampak lebih bersih dan asri.

Tidak puas melihat dari kejauan, pengunjung juga bisa berjalan mendekati area perbukitan ini. Selama berjalan mendekat, pengunjung akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit hijau beraneka rupa di sisi kiri dan kanannya. Ketika melintasi lahan terbuka di kaki bukit, pastikan tetap berada di jalan setapak yang sudah disediakan. Hal ini dikarenakan lahan tersebut juga digunakan masyarakat setempat sebagai perkebunan singkong. Jangan sampai kunjungan wisatawan malah merusak kebun-kebun warga yang juga menjadi sumber mata pencaharian mereka.

Instagram @rap_rap23

Dari jarak dekat, bukit-bukit yang terlihat kecil dari kejauhan ini menjadi tampak besar dan megah. Beberapa bukit cukup landai sehingga mudah untuk dinaiki. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat Taman Galuh dari sisi lain, dengan hamparan bunga dan ilalang di bawahnya. Tidak banyak pohon-pohon tinggi di bukit-bukit ini sehingga pemandangan yang tersaji di hadapan para pengunjung dapat dinikmati tanpa terhalang apa pun. Meski tidak memiliki pohon-pohon rindang, hawa di Taman Galuh tetap sejuk karena berada di wilayah datatan tinggi. Di atas bukit, pengunjung dapat duduk-duduk santai, bahkan rebahan dengan nyaman di atas permadani hijau alami. Apalagi dengan suasananya yang sepi, belum tersentuh banyak wisatawan.

Taman Galuh berlokasi di Afdeling Girimulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dari pusat kota Bondowoso, jaraknya sekitar 66 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 15 menit. Rutenya sama seperti arah menuju Kawah Ijen. Bedanya, setelah menemukan pertigaam di Kecamatan Ijen, ambil arah ke kiri menuju Desa Watu Capil. Dari desa ini, hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai di Taman Galuh.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here