Indahnya Panorama dari Bukit Pergasingan, Bikin Berdecak Kagum!

0
851

Lombok memiliki beragam destinasi wisata alam, mulai dari pantai, air terjun, taman bawah laut, hingga pegunungan. Salah satu yang belum diketahui banyak orang adalah Bukit Pergasingan di Lombok Timur. Bukit ini memiliki pemandangan indah berupa sawah dan ladang, permukiman penduduk, dan Gunung Rinjani yang tampak gagah berdiri di balik bukit. Asyiknya lagi, trek naik ke atas bukit ini tidak terlalu sulit sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Perjalanan untuk mencapai puncak Bukit Pergasingan hanya memakan waktu 2-3 jam. Di awal pendakian, pengunjung akan menemukan deretan anak tangga yang sangat membantu dalam mendaki bukit ini. Tapi tak lama kemudian, anak tangga ini berangsur-angsur menghilang menjadi trek tanah berbatu yang cukup terjal. Tenang saja, trek ini dapat dilalui dengan lancar asal tetap berhati-hati. Pada beberapa titik, pengunjung juga bisa beristirahat sejenak di lahan-lahan yang lumayan luas.

Perjalanan naik ke Bukit Pergasingan juga tidak akan terasa lama maupun melelahkan. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan Gunung Rinjani yang berada tak jauh dari sana. Ada pula ladang dan sawah warga yang tampak di kejauhan. Begitu melihat keindahan alam ini, pengunjung pasti semakin bersemangat untuk segera mencapai puncak bukit.

Setibanya di puncak, pengunjung dapat melihat pemandangan Desa Sembalun beserta ladang milik warga yang terhampar di bawahnya tanpa terhalang apa pun. Ladang ini tersusun dalam bentuk kotak-kotak rapi yang beraneka warna. Warna cokelat dari ladang yang belum ditanami, warna hijau dari sawah dan tanaman lainnya, dan warna kuning dari tumbuhan yang sudah layu dan menguning, sementara warna-warna lainnya berasal dari terpal dan plastik yang dipakai untuk menutupi ladang. Dilihat dari kejauhan, ladang berwarna-warni ini tampak seperti mozaik di atas karpet hijau rerumputan. Pemandangan dari puncak Bukit Pergasingan pun makin sempurna dengan keberadaan Gunung Rinjani yang membentengi desa di kaki bukit ini.

Bila ingin menikmati pemandangan ini sepenuhnya, disarankan untuk bermalam dalam tenda. Bukit Pergasingan memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah. Bila ingin berkemah, pengunjung sebaiknya memulai perjalanan di siang hari, paling tidak di pukul 14:00. Dengan demikian, pengunjung sudah sampai di puncak bukit saat matahari terbenam untuk menikmati keindahannya. Langit malam di bukit ini juga tidak kalah memesona. Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk kota membuat langit malam tampak cerah hingga gugusan bintang bisa terlihat dengan jelas.

Di pagi hari, pengunjung kembali disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah indah. Dari balik Gunung Rinjani, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit yang terlihat malu-malu untuk menampakkan wajahnya. Bila beruntung, pengunjung juga bisa melihat lautan awan yang menyelimuti desa hingga gunung yang tinggi.

Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya dari pusat kota Mataram sekitar 105 kilometer dengan durasi perjalanan sekitar 2,5 jam berkendara. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor sampai tiba di Desa Sembalun Lawang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan trekking.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here