Sejumlah Destinasi Tidak Beroperasi, Perlukah Membatalkan Kunjungan ke Hong Kong?

0
640

Sejak wabah virus korona kian menyebar di luar Tiongkok, negara-negara terdekat seperti Hong Kong turut terkena imbas, terutama dalam hal pariwisata. Yang signifikan adalah dua taman rekreasi populer di Hong Kong ditutup dalam kurun waktu yang tidak dapat ditentukan. Hong Kong Disneyland menghentikan kegiatan operasional mereka sejak 26 Januari 2020, sehari setelah pemerintah kota Hong Kong menyatakan keadaan darurat akibat wabah virus corona.

Ocean Park turut mengambil langkah sama dengan menutup taman hiburan mereka untuk sementara waktu. Langkah serius ini diambil kedua pihak taman hiburan untuk memastikan keamanan para tamu dan pekerja mereka. Bagi pengunjung yang sudah terlanjur membeli tiket, dapat menukarkan tiket dengan penukaran tanggal kedatangan atau pengembalian uang.

Disney dilaporkan akan mengalami kerugian hingga 175 juta dolar Amerika jika mesti menutup taman rekreasinya selama dua bulan berturut-turut, baik Shanghai Disneyland maupun Hong Kong Disneyland. Terlebih, penutupan terjadi di masa jumlah pengunjung sedang tinggi-tingginya karena berdekatan dengan libur Tahun Baru Imlek. Dengan tutupnya dua objek wisata populer di kota ini, wisatawan dihadapkan pada pilihan untuk mempertimbangkan kembali kunjungan ke Hong Kong.

Informasi Terkini

Pertanyaan penting yang akan diajukan pelancong yang berencana ke Hong Kong, apakah aman untuk berwisata di sana? Hong Kong masih bisa dikunjungi, namun bagi pendatang dihimbau untuk menjaga kesehatan, baik saat tiba dan pulang dari Hong Kong. Perlu diperhatikan pula bahwa sejumlah museum, termasuk Madame Tussauds di Peak Tower, fasilitas olahraga, dan pantai ditutup untuk sementara waktu.

Sedangkan untuk layanan transportasi, layanan kereta gantung Pulau Lantau untuk rute Tung Chung and Ngong Ping Village, Ngong Ping 360, dan Noah’s Ark Hong Kong tidak beroperasi. Begitu juga dengan layanan kereta di Stasiun Lo Wu, Hung Hom, dan Lok Ma Chau Spur Line; Stasiun Kowloon Barat dari Express Rail Link; Terminal Macau Ferry, China Ferry dan Tuen Mun Ferry; serta penyeberangan darat di Lok Ma Chau, Man Kam To, dan Sha Tau Kok yang ditangguhkan.

Dengan banyaknya objek wisata yang ditutup untuk umum, satu-satunya atraksi yang bisa dilakukan wisatawan adalah mengunjungi pusat perbelanjaan, seperti ke Harbour City dan K11. Selama mengitari kota, wisatawan diwajibkan memakai masker dan aktif memantau infomasi terkini mengenai Hong Kong dan virus corona melalui situs resmi Hong Kong Tourism Board.

Teks: Priscilla Picauly

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here