5 Kota Kecil Ini Dinobatkan Sebagai Destinasi Terbaik di Dunia

0
115

Meskipun kebanyakan orang cenderung memilih kota besar untuk sekadar liburan atau bahkan tinggal secara permanen, kota-kota kecil juga menawarkan banyak hal menarik. Baru-baru ini, majalah Monocle merilis pilihan mereka untuk kota-kota kecil terbaik di dunia, yang katanya memberikan keseimbangan yang tepat antara peluang untuk pengalaman budaya yang kaya dengan ruang untuk bernapas dan menikmati waktu berkualitas. Berikut adalah lima tujuan teratas dalam daftar tersebut.

1. Lausanne, Swiss

Lausanne adalah kota terbesar keempat di Swiss dan berada di posisi pertama berkat keragaman, keberlanjutan, dan suasananya yang santai. Kota ini juga mendapatkan pujian untuk jalan-jalannya yang menawan dan bangunan-bangunan batu dengan daun jendela yang memberikan suasana elegan, hampir mirip gaya Mediterania. Tak hanya itu, danau dan pegunungan dapat dengan mudah dijangkau dari Lausanne dan ada koneksi kereta langsung ke Milan dan Paris.

2. Boulder, Amerika Serikat

Kota yang terletak di sebuah lembah dekat Pegunungan Rocky ini mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dan memiliki rata-rata 300 hari cerah setiap tahun, sehingga merupakan tempat terbaik untuk menikmati kegiatan luar ruang. Boulder mendapatkan pujian untuk komunitasnya yang terkenal memiliki keseimbangan antara kerja dan kehidupan privat, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menjumpai banyak kegiatan seni, budaya, dan pertunjukan musik hidup, sementara di sisi lain terdapat area-area kecil dengan deretan taman dan bangunan bergaya Victoria berusia ratusan tahun.

3. Bergen, Norwegia

Bergen di Norwegia berada di posisi ketiga terutama karena lanskapnya yang cocok untuk kegiatan luar ruang. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan merupakan pintu gerbang ke fjord di pesisir barat Norwegia. Pilihan kegiatan rekreasinya meliputi mendaki gunung, menyelam di kolam air asin, melakukan perjalanan dengan kereta selama musim dingin, dan menikmati liburan di resor ski di Voss dan Geilo. Opsi lainnya adalah mengikuti kemeriahan Bergenfest yang merupakan festival musik musim panas terkemuka di dunia, atau mengunjungi Natural History Museum yang baru-baru ini direnovasi.

4. Hobart, Australia

Kota pelabuhan mungil yang merupakan ibu kota Tasmania ini berada di posisi keempat. Para juri memilihnya karena meski menawarkan suasana santai, namun merupakan negara bagian dengan kinerja ekonomi terbaik kedua di Australia. Memiliki iklim ringan, pemandangannya mencakup puncak Gunung Wellington, pinggiran kota modern, dan para pelaut yang mengangkut hasil tangkapan terbaru ke pelabuhan. Di sini pula lah pub-pub berkembang pesar dengan kafe-kafe dan bar-bar yang baru beroperasi, di mana pengunjung dapat melepas lelah di tempat-tempat tersebut setelah mengeksplorasi kota untuk mengunjungi sejumlah museum menarik, festival meriah, dan dermaga apung dengan deretan restoran mewah.

5. Chigasaki, Jepang

Dikelilingi oleh laut dan pegunungan, serta hanya satu jam perjalanan naik kereta dari Tokyo, Chigasaki menawarkan suasana layaknya pedesaan dengan infrastruktur sepeda yang baik, sehingga mengendarai kendaraan roda dua merupakan cara terbaik untuk mengelilingi kota dan mengunjungi komunitas pantai di dekatnya. Pilihan masakan internasional tidak terbatas di pusat kota karena seluruh penjuru Chigasaki dipenuhi dengan restoran yang menawarkan makanan lezat. Memiliki iklim yang ringan dan jalanan yang aman, Chigasaki juga merupakan tempat terkenal untuk berselancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here