7 Rute Baru Diluncurkan PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan beberapa rute baru dari Daerah Operasi Kereta Api Indonesia (DAOP) 1 Jakarta. Perpanjangan relasi ini diharapkan mempermudah pejalan mencapai destinasi pilihan menyambut masa liburan akhir tahun yang tinggal sesaat lagi.

Inilah sejumlah rute terbaru milik PT KAI, yaitu:

  • Argo Wilis

Relasi Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng

Jadwal berangkat 05:00, tiba 20:54

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dengan total 400 tempat duduk.

  • Turangga

Relasi Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng

Jadwal berangkat 14:00, tiba 07:07 (esok harinya)

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dengan total 400 tempat duduk.

  • Mutiara Selatan

Relasi Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng-Malang

Jadwal berangkat 17:10, tiba 13:30 (esok harinya)

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi dengan total 520 tempat duduk.

  • Malabar

Relasi Pasar Senen-Bandung-Malang

Jadwal berangkat 16:10, tiba 11:25 (esok harinya)

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi dengan total 540 tempat duduk.

  • Dharmawangsa Ekspress

Relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi

Jadwal berangkat 08:25, tiba 19:30

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi dengan total 786 tempat duduk.

  • Anjasmoro Ekspress

Relasi Pasar Senen-Jombang

Jadwal berangkat 05:25, tiba 17:35

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi dengan total 576 tempat duduk.

  • Fajar Utama Solo

Relasi Pasar Senen-Solo Balapan

Jadwal berangkat 05:50, tiba 14:43

Kereta terdiri dari rangkaian kelas Eksekutif dan Ekonomi dengan total 520 tempat duduk.

Mudah Pesan dan Batal Tiket

Sejak 26 Juli 2013 PT KAI sudah memiliki aplikasi KAI Access yang bisa diunduh di Play Store dan App Store yang memberi kemudahan memesan tiket tanpa perlu mengantri di loket. Berbagai keuntungan ditawarkan jika memesan tiket melalui KAI Access, antara lain pembelian tiket dapat dilakukan maksimal tiga bulan sebelum keberangkatan hingga 10 jam sebelum kereta berangkat, jumlah pemesanan tiket hingga empat penumpang, terintegrasi dengan sistem kalender ponsel yang akan mengingatkan jadwal keberangkatan, dapat memilih tempat duduk, dan memiliki fitur peta yang menampilkan stasiun terdekat.

Pelanggan dapat pula melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi ini, baik bagi penumpang yang membelinya di situs resmi atau aplikasi PT KAI, situs pembelian tiket daring, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos dan sudah terdaftar sebagai anggota KAI Access. Cara pembatalan tiket cukup mudah, yaitu pilih menu My Trips, pilih kode pemesanan, kemudian akan tertera tiket elektronik dan klik Pembatalan. Di bagian pembatalan pilih nama penumpang yang diikuti dengan penjelasan Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju. Penumpang akan diminta memasukkan akun bank untuk pengembalian biaya, kemudian mengkonfirmasi proses.

Jika sudah melalui langkah-langkah di atas berarti proses pembatalan tiket telah berhasil. Sebagai catatan, proses pembatalan tiket dikenakan biaya administrasi 25 persen dari harga tiket, di luar bea pesan yang dibatalkan dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp1.000. Pengembalian biaya akan dilakukan 30 hingga 45 hari setelah pengajuan dilakukan, oleh karena itu pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan yang terdaftar pada rekening bank pemohon. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center 021-121 atau email cs@kai.id.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here