Dini Hari, Saat Terbaik Melihat Kota

0
62

Lain kali berada di kota asing dan tidak bisa tidur – karena masih jetlag atau mengidap insomnia – terutama bila menginap di hotel di pusat kota, ketimbang nonton televisi di kamar, keluarlah untuk melihat behind-the-scene sebuah kota. Banyak kota di dunia yang menawarkan banyak opsi untuk melewatkan malam dan menawarkan suasana yang tak kalah menarik setelah matahari terbenam, seperti kota-kota berikut ini.

Bangkok, Thailand

Bangkok adalah salah satu destinasi belanja terbaik di Asia. Tak hanya murah dan ragam barangnya yang unik dan bahkan random, namun juga setting pasar malamnya yang gemerlap membuat ke sini tak cukup hanya sekali. Alih-alih barang bermerek internasional dan restoran franchise, pasar malam di Bangkok merupakan tempat terbaik untuk mencari barang unik – dengan beberapa di antaranya merupakan produk asli karya seniman lokal, sementara yang lain merupakan barang pabrikan atau barang impor dari Jepang atau Eropa. Rot Fai Market di Srinakarin merupakan salah satunya yang paling besar dan menarik dengan banyak pakaian dan aksesori yang dijual dengan harga diskon, selain juga di sela-sela berbelanja pengunjung dapat menjajal jajanan jalanan yang enak.

Sementara Asiatique lebih mirip mal terbuka dengan suasana pedesaan yang sempurna untuk menikmati malam yang menyenangkan bersama teman dan keluarga. Harganya memang lebih mahal dibandingkan pasar malam lain di Bangkok, namun tujuan ke sini biasanya memang untuk bersenang-senang.

Hoi An, Vietnam

Hoi An merupakan kota di pesisir tengah Vietnam yang terkenal akan kota tua dengan kanal-kanal yang membelahnya. Selain menawarkan keunikan arsitektur – yakni berupa paduan ruko-ruko Cina dan kuil-kuil, bangunan kolonial Prancis, rumah tabung berornamen Vietnam, dan jembatan Jepang yang ikonik dengan pagodanya – di sini jugalah Anda dapat menemukan minuman beralkohol dengan harga murah dan makanan yang lezat, sehingga merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Di malam hari, jalanan kota didekorasi dengan lentera beraneka warna dan bentuk, sementara kios-kios di tepinya menawarkan berbagai macam barang, dari suvenir hingga makanan lokal. Pengalaman menarik lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah mengirim doa dengan membeli lilin, lalu menghanyutkannya di Sungai Thu Bon saat senja.

Tokyo, Jepang

Tokyo menawarkan banyak hal bagi para pejalan yang menyukai kehidupan malam, mulai dari gerai-gerai restoran yang buka hingga dini hari, hingga bar karaoke dan klub malam yang riuh. Beberapa area menarik yang bisa dikunjungi di Tokyo saat malam hari adalah Kabukicho, distrik lampu merah di Shinjuku; Shibuya untuk kehidupan malamnya; dan Ginza untuk fine dining. Jangan lewatkan juga Tokyo Tower untuk menikmati pemandangan kota yang spektakuler di malam hari.

Paris, Prancis

Diakui sebagai kota paling romantis di dunia, Paris juga tak kalah menarik dijelajahi di malam hari dengan berjalan kaki sembari menyusuri Sungai Seine. Bila ingin mencari kawasan tepi sungai yang lebih meriah dan lebih hidup dari yang lainnya, jelajahi area sekitar Latin Quarter yang dijejali dengan deretan kafe dan toko buku, serta Saint-Germain-des-Prés yang merupakan rumah bagi gereja tertua di Paris serta kafe-kafe ikonik yang pernah dikunjungi penulis terkenal seperti Hemingway.

Amsterdam, Belanda

Kota ini merupakan tempat terbaik bagi yang senang bersosialisasi dan berpesta. Ada banyak kafe yang buka hingga larut malam, disko, distrik lampu merah, dan banyak lagi untuk dijelajahi saat malam hari di sini. Pilihan venue untuk menikmati kehidupan malam pun beragam dan beberapa tidak konvensional, mulai dari lapangan parkir, bekas pabrik, hingga bekas gereja. Amsterdam juga merupakan rumah bagi gedung konser yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, jadi jangan lewatkan untuk menonton salah satu dari 900-an pertunjukan musik yang digelar di sini. Bila ingin menghindar dari keramaian, tepian Sungai Amstel yang membelah kota merupakan tempat terbaik untuk berjalan-jalan sembari menikmati suasana malam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here