30 Kota Terbaik untuk Pecinta Makanan Jalanan

0
116

My Late Deals baru-baru ini merilis Street Food City Index 2019 yang merupakan daftar kota-kota terbaik untuk para pelancong yang terobsesi dengan makanan jalanan. Peringkatnya sendiri dibuat berdasarkan empat faktor, yakni jumlah penjaja makanan jalanan, jumlah tur makanan jalanan, keterjangkauan harga, dan sanitasi.

Hong Kong menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut berkat banyaknya vendor dan tur makanan jalanan, selain tingkat sanitasi yang tinggi. Beberapa makanan jalanan yang bisa Anda coba di Hong Kong termasuk dim sum, kari ikan bakso, dan cheung fun (gulungan mi beras).

Bangkok berada di urutan kedua sebagai rumah bagi makanan jalanan termurah dengan harga rata-rata Rp 25.000 per porsi. Jumlah tur maupun penjaja makanan jalanannya pun merupakan salah satu yang tertinggi di dalam daftar tersebut, namun kalah dari Hong Kong dalam hal sanitasi. Beberapa makanan jalanan yang dapat Anda coba di Bangkok termasuk pad thai (mi goreng), khao niao mamuang (ketan mangga), dan tom yum goong (sup asam pedas).

Di posisi ketiga adalah Ho Chi Minh yang mendapat nilai tertinggi untuk jumlah tur makanan jalanan, keterjangkauan harga dengan biaya rata-rata Rp 27.000 per porsi, dan jumlah penjaja makanan jalanan – namun seperti Bangkok, Ho Chi Minh mendapatkan nilai yang lebih rendah untuk soal sanitasi. Beberapa makanan yang dapat Anda coba di Ho Chi Minh adalah pho (mi sapi), banh mi (sandwich), dan goi cuon (lumpia).

Singapura menempati posisi keempat berkat tingkat sanitasi yang tinggi dan jumlah wisata makanan jalanan. Kota ini juga memperoleh skor tinggi untuk jumlah vendor, namun mendapat nilai yang lebih rendah dalam hal keterjangkauan dengan biaya rata-rata Rp 110.000 per porsi. Beberapa makanan yang dapat Anda coba di Singapura adalah char kway teow (kwetiau goreng), roti bakar kaya, dan laksa (mi berkuah gurih dan pedas).

Sementara Mumbai menempati urutan kelima dengan jumlah vendor makanan tertinggi dibanding kota-kota lain dalam daftar tersebut. Kota ini juga memperoleh skor baik dalam hal jumlah tur makanan jalanan dan keterjangkauan harga dengan biaya rata-rata Rp 50.000 per porsi, namun menerima skor lebih rendah dalam hal sanitasi. Beberapa makanan yang dapat Anda coba di Mumbai meliputi vada pav (burger isi kentang), bhelpuri (puffed rice yang disajikan dengan sayuran dan saus tamarin), dan pav bhaji (kari sayuran kental yang disajikan dengan roti gulung lembut).

Berikut daftar lengkap kota-kota yang masuk dalam Street Food City Index 2019.

  1. Hong Kong
  2. Bangkok
  3. Ho Chi Minh
  4. Singapura
  5. Mumbai
  6. Roma
  7. Tel Aviv
  8. Sydney
  9. Meksiko
  10. Portland
  11. Seoul
  12. Beijing
  13. Berlin
  14. Paris
  15. Istanbul
  16. Palermo
  17. Penang
  18. Tokyo
  19. New Orleans
  20. Kuala Lumpur
  21. Cartagena
  22. Port Louis
  23. Honolulu
  24. Taipei
  25. Marrakesh
  26. Rio de Janeiro
  27. New York
  28. Durban
  29. Kingston
  30. Dakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here