10 Negara yang Paling Banyak Dikunjungi Selama 2018

0
1657

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), Prancis menerima jumlah kunjungan wisatawan internasional terbanyak pada 2018. Tercatat 86,9 juta orang ke negara tersebut untuk mengunjungi atraksi wisatanya yang populer, seperti Museum Louvre, Menara Eiffel, Istana Versailles, dan Arc de Triomphe. Berikut daftar lengkap 10 negara yang paling banyak dikunjungi selama 2018.

10. Thailand – 35,4 juta pengunjung

Festival yang semarak, kehidupan malam yang berkembang, pusat perbelanjaan kelas dunia, dan masakan Thailand yang lezat merupakan daya tarik wisata utama negara ini. Pendapatan yang dihasilkan pariwisata Thailand menyumbang hampir 20,2 persen dari PDB nasional negara tersebut, dan diperkirakan pada 2032, Thailand akan menerima sekitar 100 juta pengunjung.

9. Jerman – 37,5 juta pengunjung

Jerman menerima banyak wisatawan dari seluruh dunia dan juga dari dalam negeri. Industri pariwisata di Jerman diperkirakan berkontribusi 4,5 persen terhadap PDB nasional dan dua juta peluang kerja diciptakan berdasarkan persyaratan pekerjaan yang terkait dengan perjalanan dan pariwisata. Berlin, Munich, dan Hamburg adalah beberapa kota yang paling banyak dikunjungi di negara ini. Kunjungan ke negara itu untuk tujuan pendidikan dan bisnis juga cukup umum. Beberapa kawasan lindung di Jerman, seperti Taman Nasional Swiss Saxon, Taman Nasional Area Laguna Pomerania Barat, dan Taman Nasional Jasmund, juga menarik jutaan wisatawan setiap tahun.

8. Turki – 37,6 juta pengunjung

Turki adalah tujuan wisata terkenal karena memiliki banyak resor tepi laut dengan garis pantai di Laut Mediterania dan Laut Aegean. Negara ini juga memiliki berbagai situs bersejarah, termasuk biara-biara kuno dan reruntuhan kota. Kota Antalya dianggap sebagai ibu kota pariwisata negara itu, meskipun Istanbul juga populer berkat deretan museum, pasar, dan situs bersejarahnya. Walau jumlah pengunjung Turki mencapai 41,2 juta pada 2014, sektor pariwisata sempat menurun di tahun-tahun berikutnya. Karena iklan pariwisata yang intens, jumlah wisatawan mulai meningkat pada 2017.

7. Inggris – 37,7 juta pengunjung

Memiliki sejarah panjang yang menarik, kekayaan budaya, serta fasilitas dan infrastruktur pariwisata yang berkembang dengan baik, Inggris menempati peringkat ketujuh sebagai negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Wisatawan di Inggris dapat menghasilkan pendapatan sekitar 17,2 miliar dolar AS untuk negara. Mayoritas pengunjung datang dari bagian lain Eropa, sementara turis dari Amerika Serikat dan Kanada merupakan kelompok pengunjung asing terbesar kedua di negara itu.

6. Meksiko – 39,3 juta pengunjung

Meksiko terkenal dengan pantainya yang indah dan resor kelas dunia. Dengan kekayaan budayanya dan situs-situs Warisan Dunia UNESCO, tak heran bila para pelancong menyukai Meksiko. Sebagian besar pengunjung datang dari negara tetangganya, yakni Kanada dan Amerika Serikat, meskipun semakin banyak pelancong dari Eropa dan Asia juga berkunjung ke negara itu.

5. Italia – 58,3 juta pengunjung

Bagi banyak orang, Italia adalah salah satu destinasi yang diimpikan akan dikunjungi suatu saat nanti. Dengan 50 Situs Warisan Dunia UNESCO, artefak budaya yang tak terhitung banyaknya, dan situs arkeologi dari Kekaisaran Romawi dan zaman Renaisans, bersama dengan desa-desa dan kota-kota Alpen kuno di utara negara itu dan pantai Mediterania yang menarik di selatan, Italia patut menempati posisi kelima dalam daftar ini. Beberapa kota yang paling sering dikunjungi termasuk Roma, Venesia, Florence, dan Milan, masing-masing dengan atraksi unik dan menarik, baik dalam hal sejarah, budaya, maupun kuliner.

4. Tiongkok – 60,7 juta pengunjung

Merupakan rumah bagi Great Wall of China, Five Sacred Mountains, Shaolin Temple, Huangguoshu Waterfall, Forbidden City, Three Gorges, serta situs alam, sejarah, dan budaya lainnya, Cina merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia. Negara ini menerima 55,6 juta pengunjung asing pada 2014 dan memperoleh keuntungan dari pendapatan valuta asing sebesar 45,8 dolar AS pada 2010. Jumlah wisatawan Cina diperkirakan akan meningkat pesat di tahun-tahun mendatang dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memperkirakan bahwa pada 2020 negara tersebut akan menempati peringkat nomor satu di sektor pariwisata dunia.

3. Amerika Serikat – 76,9 juta pengunjung

Amerika Serikat adalah negara besar yang memiliki banyak pilihan atraksi bagi para pelancong global. Banyak kota di AS, seperti New York, Los Angeles, dan Las Vegas, menerima kunjungan turis sepanjang tahun. Di 29 negara bagian, industri pariwisata adalah salah satu dari tiga industri utama yang menciptakan banyak lapangan kerja.

2. Spanyol – 81,8 juta pengunjung

Pariwisata adalah industri utama di Spanyol, berkontribusi hampir 11 persen terhadap PDB nasional negara tersebut. Mayoritas pengunjung ke Spanyol berasal dari negara-negara Eropa, seperti Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman. Selain kota-kota bersejarah, seperti Barcelona dan Madrid, resor kelas dunia di pesisir Mediterania dan Atlantik, festival populer, 15 taman nasional, fasilitas musim dngin yang berkembang dengan baik, serta kehidupan malam yang riuh, 13 kota di Spanyol juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

1. Prancis – 86,9 juta pengunjung

Prancis merupakan rumah bagi berbagai tempat menarik, mulai dari kota-kota budaya seperti Paris, Lyon, dan Strasbourg, hingga pegunungan Alpen, resor ski, pantai, desa Prancis yang indah, dan taman yang spektakuler. Tak hanya itu, negara ini juga memiliki 37 Situs Warisan Dunia UNESCO yang menarik banyak pelancong sepanjang tahun. Di Prancis, 9,7 persen dari PDB disumbangkan oleh sektor perjalanan dan pariwisata. Sejumlah 30 persen dari pendapatan yang dihasilkan oleh pariwisata diperoleh dari wisatawan asing, sedangkan 70 persen sisanya berasal dari pariwisata domestik. Sementara Prancis merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, Paris sebagai ibu kotanya merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here