Negara Asia Mendominasi Seiring Melemahnya Paspor Inggris dan AS

0
138

Memasuki kuartal ketiga tahun 2019, Jepang dan Singapura memegang posisi teratas dalam Henley Passport Index dengan skor bebas visa/visa saat kedatangan 189. Daftar kekuatan paspor terbaru yang tersusun berdasarkan data eksklusif dari IATA ini menandai puncak dari kemenangan beruntun selama 18 bulan bagi kedua negara tersebut, setelah mereka menggeser posisi Jerman dari posisi pertama di awal 2018.

Turun dari posisi pertama dari kuartal sebelumnya, Korea Selatan sekarang berada di posisi kedua bersama dengan Finlandia dan Jerman, dengan warga negara yang dapat mengakses 187 tujuan tanpa harus membuat visa sebelumnya.

Faktor utama kenaikan peringkat Finlandia adalah perubahan terbaru terhadap kebijakan visa Pakistan yang sebelumnya sangat ketat. Dengan harapan menarik wisatawan dan meningkatkan ekonominya, Pakistan sekarang menawarkan ETA (Electronic Travel Authority) ke 50 negara – di luar Inggris dan Amerika Serikat.

Dengan skor bebas visa 183, Inggris dan dan Amerika Serikat sekarang berbagi tempat di urutan keenam – posisi terendah yang dimiliki kedua negara tersebut sejak 2010, dan penurunan yang signifikan dari posisi pertama mereka di tahun 2014.

Denmark, Italia, dan Luksemburg menempati peringkat ketiga pada indeks tersebut dengan skor bebas visa 186, sementara Prancis, Spanyol, dan Swedia berada di tempat keempat dengan skor 185 .

Pergeseran signifikan lainnya dalam daftar tersebut adalah Uni Emirat Arab (UEA) yang berhasil memasuki 20 teratas untuk pertama kalinya dalam 14 tahun dengan skor bebas visa 165. Selama lima tahun terakhir, UEA telah melipatgandakan jumlah negara yang dapat dikunjungi warganya tanpa visa.

Afghanistan adalah negara dengan kekuatan paspor terlemah di dunia dengan skor bebas visa 25. Indonesia sendiri bersama Zambia menempati urutan 75 dari total 109 peringkat, dengan warganya dapat mengakses 69 negara tanpa visa.

Berikut adalah daftar peringkat 10 teratas berikut skor bebas visanya.

  1. Jepang, Singapura (189)
  2. Finlandia, Jerman, Korea Selatan (187)
  3. Denmark, Italia, Luksemburg (186)
  4. Prancis, Spanyol, Swedia (185)
  5. Austria, Belanda, Portugal, Swiss (184)
  6. Belgia, Kanada, Yunani, Irlandia, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat (183)
  7. Malta (182)
  8. Ceko (181)
  9. Australia, Islandia, Lituania, Selandia Baru (180)
  10. Latvia, Slovakia, Slovenia (179)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here