Tiap Wisman Habiskan Rp 7,6 Juta di Macao

0
73

Dibuka pada Oktober 2018, HZMB adalah jembatan lintas laut sepanjang 55 kilometer yang menghubungkan tiga kota besar di kawasan Delta Sungai Mutiara, yaitu Hong Kong, Zhuhai, dan Macao. Terdiri Hong Kong Link Road (12 kilometer), Main Bridge (29.6 kilometer), dan Zhuhai Link Road (13,4 kilometer), jembatan terpanjang di dunia ini tak hanya membawa Macao lebih dekat ke Hong Kong dari sebelumnya, namun juga meningkatkan konektivitas di Greater Bay Area di selatan Cina dengan akses yang semakin mudah ke kota-kota besar seperti Guangdong dan Shenzhen.

HZMB belum beroperasi dengan kapasitas penuh karena saat ini terbatas pada kendaraan berlisensi saja. Namun, menurut hasil penelitian perusahaan riset pemasaran CSG, jumlah pengunjung melonjak hingga 21 persen per tahun pada kuartal pertama 2019.

Derek Yu selaku Direktur Penelitian dari CSG mengatakan, “Dari penelitian kami, diperkirakan bahwa kontribusi potensial jembatan terhadap ekonomi Macao adalah MOP 16,4 juta per hari. Karena itu, penting untuk mempelajari perilaku perjalanan pengunjung yang datang melalui jembatan dan memantau dampak HZMB pada Macao.”

CSG melakukan penelitian dengan mengumpulkan data mulai dari 24 Januari hingga 3 Februari 2019 di sejumlah gerbang keberangkatan Macao, termasuk Terminal Feri Macao, Terminal Feri Taipa, Gerbang Perbatasan, dan HZMB. Responden target mereka adalah wisatawan yang baru saja menyelesaikan perjalanan mereka dan akan meninggalkan Macao. Jumlah sampel adalah 604, dengan 402 di antaranya dari Cina Daratan, 150 di antaranya dari Hong Kong, dan 52 di antaranya dari negara lain.

Hasil studi menunjukkan bahwa pengunjung yang melakukan perjalanan ke Macao melalui HZMB rata-rata menghabiskan MOP 4.280 (atau Rp 7,6 juta) per kepala, 32 persen lebih banyak dari pengunjung yang datang melalui pelabuhan. Selain itu, pengunjung yang tiba di Macao melalui HZMB menghabiskan lebih dari dua kali lipat untuk berbelanja, serta 40 persen lebih banyak untuk hiburan, daripada mereka yang melakukan perjalanan ke Macao melalui pelabuhan.

Menurut data dari Layanan Statistik dan Sensus Macao, jumlah pengunjung yang melalui HZMB mencapai 15.836 per harinya, sehingga pada kuartal pertama total pengunjungnya mencapai 1,46 juta orang. Ini berarti 14,1 persen pengunjung Macao (dari total 10,35 juta) yang masuk ke Macao melalui HZMB berpotensi menghasilkan MOP 16,4 juta dalam pendapatan tambahan.

HZMB Mendorong Kunjungan Kembali

Studi ini juga menemukan bahwa 78 persen pengunjung yang melakukan perjalanan melalui HZMB menyatakan niat mereka untuk lebih sering mengunjungi Macao, sementara hanya 32 persen yang melakukan perjalanan melalui pelabuhan ingin mengunjungi Macao kembali.

Selain itu, sementara 37 persen pengunjung yang bepergian melalui HZMB menyatakan bahwa mereka akan tinggal lebih lama di Macao, hanya 17 persen dari mereka yang memasuki Macao melalui pelabuhan laut menyatakan niat yang sama.

Pengunjung yang akan mengunjungi kembali Macao dan yang akan tinggal lebih lama di perjalanan mereka memberikan potensi besar untuk peningkatan pendapatan pariwisata lokal, terutama untuk hotel, industri makanan dan minuman, serta pusat perbelanjaan dan hiburan.

Kepuasan Pengunjung

Penelitian ini juga meneliti pengunjung dan kepuasan mereka dengan delapan resor di Macao, yakni The Venetian MacaoGalaxy MacauThe Parisian MacaoSands Cotai CentralWynn PalaceCity of Dreams, Studio City Macau, dan MGM Cotai. Studi ini menemukan hubungan yang kuat dan positif antara kepuasan pelanggan dengan layanan concierge, variasi restoran, dan pilihan hiburan yang tersedia, sehingga industri pariwisata lokal dapat memanfaatkan hasil studi ini untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengunjung dengan menyesuaikan penawaran mereka dengan temuan tersebut.

Selain itu, hasil studi ini pun mengungkapkan bahwa pengunjung yang memasuki Macao melalui HZMB juga melakukan perjalanan dalam kelompok yang lebih besar. Ukuran rata-rata kelompok adalah 2,6 orang, jauh lebih besar dari 2,2 orang per kelompok yang tiba melalui pelabuhan. Tercatat 38 persen pengunjung yang melakukan perjalanan melalui jembatan memasuki Macao dalam kelompok yang terdiri dari tiga orang atau lebih, dibandingkan dengan hanya 24 persen dari mereka yang melakukan perjalanan melalui pelabuhan laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here