4 Alasan Menikmati Musim Gugur di Australia

0
218

Musim gugur adalah saat menyaksikan perubahan warna alam yang mengagumkan dan hal ini dapat dinikmati di berbagai tempat di Australia dari Maret hingga Mei. Berikut tempat-tempat yang menawarkan warna-warna musim gugur yang menawan, selain berbagai festival menarik, sehingga Australia layak dikunjungi di musim gugur mendatang.

  1.  Victoria

Negara bagian Victoria merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menikmati warna-warni musim gugur di Australia. Dedaunan di Melbourne yang berubah kuning, keemasan hingga merah dapat dinikmati sambil mengunjungi berbagai festival makanan dan minuman anggur setempat. Yarra Valley, kawasan penghasil anggur tertua di Victoria, menawarkan beragam aktivitas luar ruangan dengan suasana berbeda. Naik balon udara sesaat setelah matahari terbit kemudian bersepeda sambil membawa keranjang piknik untuk digelar di mana pun yang menyajikan pemandangan indah musim gugur? Mengapa tidak! Mengunjungi beragam taman botani di negara bagian ini juga dapat menjadi alternatif untuk mengagumi musim gugur. Dandenong Ranges Botanical Garden di dekat Olinda Town, Alfred Nicholas Garden di Sheerbrooke, atau RJ Hammer Arboretum yang menyimpan lebih dari 150 tumbuhan asli Australia. Jangan lewatkan pula Stanley, kota kecil yang terletak di Victorian Alps yang terkenal akan produksi apel dan kacang-kacangannya.

Musim gugur di Victoria juga berarti saat digelarnya Bright Autumn Festival yang tahun ini berlangsung 16 April hingga 5 Mei 2019. Festival ini menampilkan berbagai produk khas musim gugur yang dijual di pasar-pasar tradisional yang menampilkan pertunjukan musik dan parade. Beragam makanan yang dibeli di pasar-pasar tersebut dapat kemudian dinikmati di  taman-taman terdekat. Yang tak kalah seru adalah Festival Bunga Tesselaar KaBloom di Silvan yang berlangsung hingga April dan memajang ribuan bunga musim gugur yang menawan.

2. Adelaide Hills, Australia Selatan

Adelaide Hills berjarak 30 menit arah tenggara kota Adelaide. Kawasan perbukitan ini selalu tampil cantik setiap dedaunan berubah kuning keemasan di musim gugur. Di saat-saat ini, direkomendasikan mengunjungi Hahndorf, salah satu kota terindah di Australia yang sejak 1839 dihuni imigran Jerman (Prusia). Hahndorf terdiri bangunan-bangunan berarsitektur khas Jerman dari kayu dan bata dengan atap yang curam. Dari Hahndorf, lanjutkan perjalanan ke Barossa Valley, kawasan penghasil minuman anggur premium di Australia, yang setiap musim gugur farmers market-nya  tampil lebih meriah dan produk-produk yang dijual pun lebih beragam karena baru saja panen raya. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan lembah perkebunan anggur ini dengan naik balon udara yang dipaketkan dengan sarapan dan menikmati segelas sparkling wine yang lezat.

3. Orange, New South Wales

Berjarak 3,5 jam dari Sydney, sesuai namanya, Orange menampilkan wajah kota yang didominasi daun-daun berwarna oranye setiap musim gugur. Itulah sebabnya tempat ini pun di kalangan warga Australia menjadi destinasi utama untuk menikmati suasana musim gugur. Terletak di wilayah Canobalos yang subur, Orange pun penghasil produk-produk agrikultur berkualitas terbaik di Australia. Jadilah bagian dari gerakan slow food yang sedang naik daun di sini dengan berpartisipasi dalam 100 Mile Dinner, acara bersantap secara komunal yang bahan-bahannya diperoleh dari kawasan setempatnya, setidaknya dalam radius 160 kilometer dari Orange. Orange pun memiliki pusat-pusat pembuatan anggur terbaik di Australia dan di sini pengunjung dapat mampir untuk mencicipi chardonnay atau pinot noir di kilang anggur Philip Shaw, Nashdale Lane, dan De Salis. Lanjutkan penjelajahan kuliner ke berbagai restoran terbaik, seperti Racine Restaurant dan Lolli Redini.

4. Lembah Sungai Blackwood, Australia Barat

Lembah Sungai Blackwood dapat diakses dengan tiga jam perjalanan dari Perth. Daerah seluas 60 hektar ini merupakan rumah bagi banyak tanaman dan bunga liar khas Australia. Tempat yang memiliki sekitar 3.000 tumbuhan asli Australia dari 1000 spesies ini menyediakan tempat untuk trekking sambil menikmati keindahan alam, terutama di musim gugur yang penuh warna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here