10 Pantai Terbaik di Asia 2019 Versi TripAdvisor

0
262

TripAdvisor baru-baru ini merilis pemenang penghargaan Travellers’ Choice 2019 untuk kategori pantai, dengan Radhanagar di India meraih posisi pertama di Asia untuk tahun ini. Pantai Kelingking di Indonesia dan Pantai Nai Harn di Thailand berada di urutan kedua dan ketiga, sementara Baia do Sancho di Brasil telah dinobatkan sebagai pantai nomor satu di dunia.

“Ada begitu banyak pantai indah di Asia yang dapat memenuhi setiap jenis perjalanan,” kata Janice Lee Fang, Direktur Komunikasi untuk TripAdvisor di Asia Pasifik. “Baik itu bulan madu yang romantis, liburan aktif bersama keluarga, atau perjalanan reflektif yang menenangkan, para pelancong dapat mengambil inspirasi dari daftar pantai pemenang penghargaan TripAdvisor yang sangat direkomendasikan oleh komunitas perjalanan global kami.”

Berikut adalah daftar lengkap 10 pantai pilihan wisatawan terbaik di Asia. 

1. Pantai Radhanagar
Pulau Havelock, Kepulauan Andaman dan Nikobar, India

Pantai Radhanagar, yang juga dikenal sebagai Pantai Nomor 7, terletak di pesisir selatan Pulau Havelock. Membentang lebih dari dua kilometer, pantai ini terkenal di kalangan penduduk lokal maupun pelancong berkat kekontrasan warna antara perairan pirus, hamparan pasir putiih, dan pepohonan hijau di tepi pantai. Waktu berkunjung terbaik adalah pagi untuk menghindari keramaian, atau menjelang sore untuk menyaksikan matahari terbenam. 

2. Pantai Kelingking
Nusa Penida, Bali, Indonesia

Pantai ini terutama terkenal berkat formasi tebing batunya yang mirip kepala T-rex. Kebanyakan pelancong datang untuk berfoto dari atas tebing, sementara yang lain rela susah payah menuruni tebing dan melalui medan curam demi mencapai pantainya yang masih perawan. 

3. Pantai Nai Harn
Rawai, Phuket, Thailand

Terselip di antara perbukitan hijau dan pulau-pulau kecil di selatan Phuket, Pantai Nai Harn adalah tempat sempurna untuk menikmati suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota. Pengunjung dapat dengan mudah menyewa payung dan tikar untuk berjemur, atau menikmati pijat sembari bermalas-malasan di bawah sinar matahari. Di dekat pantai ini juga terdapat banyak penjaja jajanan jalanan dan restoran untuk mencicipi masakan lokal. 

4. Pantai Agonda
Agonda, Goa, India

Terletak di selatan Goa, Pantai Agonda menawarkan suasana yang santai di ujung utara, serta jajaran gubuk tepi laut, vila, restoran, dan bar di ujung selatan. Kondisi pantai ini masih alami dan terjaga dengan baik, dengan sejumlah aturan ketat yang mesti dipatuhi, seperti dilarang memutar musik dengan suara keras dan membatasi jumlah properti untuk memastikan agar lingkungan tersebut tetap menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi penyu.

5. Pantai Bentota
Bentota, Southern Province, Sri Lanka

Memiliki hamparan pasir keemasan yang panjang dan lebar, Pantai Bentota ini menawarkan suasana yang sepi dengan sedikit pedagang dan tanpa kerumunan pengunjung. Selama musim kemarau antara Desember hingga April, perairannya cocok untuk berenang maupun snorkeling. Wisatawan petualang juga dapat menikmati banyak kegiatan, seperti jet ski, banana boat, dan paralayang.

6. Pantai Phra Nang Cave
Ao Nang, Provinsi Krabi, Thailand

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gua PhraNang akan terpesona oleh pasir lembut, perairan zamrud, dan formasi bebatuan kapurnya yang menjulang tinggi. Karena kurangnya akses jalan, pantai ini hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki atau naik perahu tradisional. Pantai ini juga terletak di dekat sebuah gua terkenal, di mana di dalamnya terdapat kuil yang didedikasikan untuk dewa kuno, yang disembah untuk panen dan kesuburan.

7. Pantai Varca
Varca, Goa, India

Pantai Varca diakui oleh para pelancong sebagai salah satu pantai terbersih, paling tenang, dan paling sepi di seluruh Goa Selatan. Waktu terbaik kemari adalah pagi hari, di mana pengunjung dapat melihat para penghuni pantai tersebut, seperti anemon laut dan bintang laut (pastikan untuk tidak menyentuhnya, apalagi mengangkatnya demi swafoto, karena bagaimanapun mereka adalah makhluk hidup yang dapat mengalami stres bila merasa terganggu). Wisatawan juga dapat memilih untuk menginap di salah satu dari banyak resor di kawasan tersebut, dengan beberapa di antaranya memiliki akses langsung ke pantai. 

8. Pantai Karon
Karon, Phuket, Thailand

Terletak di pesisir barat Phuket, Pantai Karon memiliki suasana yang lebih santai ketimbang pantai-pantai lain di Patong. Pantai ini dekat dengan pusat kota, di mana wisatawan dapat dengan mudah menemukan pilihan untuk bersantap, berbelanja, dan menikmati hiburan malam. Pelancong keluarga juga menggemari tempat ini karena ada banyak kegiatan, seperti jet ski dan paralayang. 

9. White Beach
Boracay, Visayas, Filipina

White Beach yang terletak di sisi barat Boracay ini memanjang lima kilometer dengan hamparan pasir halus dan air berwarna biru kehijauan. Karena sedang direhabilitasi, kegiatan air ditangguhkan sementara, dan minum minuman beralkohol dan merokok tidak lagi diizinkan. Namun, pengunjung baru-baru ini memuji upaya ini karena pemerintah setempat berhasil mengembalikan keindahan pantai, selain menghindari terjadinya kepadatan turis yang berlebihan. 

10. Pantai Ngapali
Ngapali, Negara Bagian Rakhine, Myanmar

Pantai dengan perairan jernih dan hamparan pasir keemasan yang dijejeri pepohonan palem ini dicintai karena suasananya yang santai dan pesona pedesaannya yang menawan. Wisatawan dapat menemukan resor menengah ke atas di sepanjang pantai dan sejumlah restoran lokal yang menawarkan makanan laut segar dan terjangkau di ujung utara pantai.

TripAdvisor juga mengumumkan sejumlah pantai terbaik di dunia, dengan 10 pantai berikut yang menempati urutan teratas.

  • Baia do Sancho – Fernando de Noronha, Brasil
  • Pantai Varadero – Varadero, Kuba
  • Pantai Eagle – Oranjestad, Aruba
  • Pantai La Concha – San Sebastian, Spanyol
  • Pantai Grace Bay – Providenciales, Turks dan Caicos
  • Pantai Clearwater – Clearwater, Florida
  • Spiaggia dei Conigli – Sisilia, Italia
  • Pantai Seven – Kepulauan Cayman
  • Playa Norte – Pulau Mujeres, Meksiko
  • Pantai Seven Mile – Negril, Jamaika

TripAdvisor telah memberikan penghargaan untuk 352 pantai secara keseluruhan, termasuk daftar 25 besar dunia dan daftar khusus untuk Afrika, Asia, Eropa, Amerika Selatan, Australia, Amerika Tengah, Timur Tengah, Pasifik Selatan, Karibia, Brasil, Kosta Rika, Prancis, Jerman, Yunani, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Portugal, Spanyol, Thailand, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here