Sydney akan Kembali Bermandi Cahaya

0
767

Ajang festival cahaya, musik dan pertukaran ide terbesar dunia Vivid Sydney kembali digelar mulai 25 Mei hingga 16 Juni. “Memasuki tahun penyelenggaraan ke-10 ini, para pengunjung dapat menikmati seni instalasi yang lebih besar dan festival Musik dan Ide yang lebih menarik, sehingga saya sarankan untuk segera merencanakan perjalanan ke Sydney dan menikmati salah satu festival paling meriah yang pernah ada di dunia,” jelas Menteri Pariwisata Adam Marshall.

“Selama 23 hari, yaitu dari Jumat 25 Mei hingga Sabtu 16 Juni, Vivid Sydney akan melukis Harbour City dengan cahaya aneka warna, mengambil alih berbagai panggung di Sydney dan menghadirkan pertunjukan dan kolaborasi, sekaligus menjadi forum untuk saling bertukar ide kreatif dalam ajang Vivid Ideas,” tambahnya. Dikelola dan diproduksi oleh instansi pariwisata, serta didukung pemerintah News South Wales dan Destination New South Wales,  pada 2017 festival ini berhasil menarik 2,33 juta pengunjung dan jumlah tersebut memecahkan rekor dari tahun-tahun sebelumnya. Para pengunjung Vivid Sydney tersebut juga tercatat membelanjakan sekitar 143 juta dolar Australia, sehingga tahun ini badan pariwisata setempat lebih serius lagi mempromosikan festival tersebut.

Vivid Light

Light Walk yang tahun lalu berhasil memukau pengunjung, tahun ini akan diperluas hingga ke distrik baru di Luna Park dan menampilkan seni proyeksi berskala besar di depan Coney Island. Ingin merayakan sejarah, keajaiban, fantasi dan imajinasi, tahun ini Vivid Sydney menandai kiprah perdana Ferris Wheel di Luna Park, yang selama festival akan dihiasi lampu LED secara besar-besaran. Cahaya gemilang juga akan kembali menyinari Royal Botanic Garden dan pengunjung akan dapat mengikuti jalur kehidupan hewan nokturnal, serta menikmati program Parrot Party yang terinsiprasi dari spesies kakaktua kea asal Selandia Baru dan lorikeet pelangi asal Australia. Dalam rangka perayaan hari jadi yang ke-100 karakter karya May Gibbs, yaitu Snugglepot danCuddlepie, akan digelar pertunjukan yang dinarasikan aktris ternama Australia, Noni Hazlehurst AM.

Seluruh perhatian dipastikan akan tertuju pada Sydney Opera House yang akan menampilkan Lighting of the Sails buah karya Jonathan Zawada, seniman asal Australia peraih banyak penghargaan bergengsi. Para pengunjung juga akan dibuat terpana oleh Metamathemagical, sebuah pertunjukan dinamis yang terdiri patung-patung digital yang terinspiras berbagai motif khas Australia. Vivid LIVE di Sydney Opera House pun telah menyiapkan sederetan penampil, seperti ikon dream-pop asal Amerika Serikat Mazzy Star, tokoh musik rap Ice Cube, penyanyi/pengarang musik indie rock Cat Power, artis peraih Grammy Solange, dan kolaborasi yang dinanti-nantikan antara ikon musik Australia Daniel Johns dan Luke Steele.

Penuh Kejutan

Banyak gedung terkenal di Sydney juga akan bertransformasi, termasuk fasad Museum of Contemporary Art Australia (MCA) dengan pameran cahaya bertajuk Virtual Vibration, karya kolaboratif antara seniman MCA Collection Jonny Niesche dengan komposer Mark Pritchard. Sedangkan pertunjukan cahaya interaktif Skylark memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk ikut mewarnai Sydney Harbour Bridge, gedung pencakar langit Circular Quay, hingga ke Sydney Harbour.

Masih banyak program menarik lainnya, seperti permainan cahaya di Taronga Zoo, Darling Harbour, selain atap Australian National Maritime Museum akan menampilkan proyeksi dokumenter produksi BBC Earth Blue Planet II karya Sir David Attenborough yang menjelajahi dunia bawah laut. Pasar kaget yang terinspirasi dari pasar jalanan  berwarna-warni di Brazil turut dihadirkan untuk menambah kemeriahan pesta cahaya. 

Vivid Ideas

Yang menjadikan ajang ini menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah hadirnya Vivid Ideas, forum untuk berlokakarya, bekerja sama, dan mengembangkan pemikiran kreatif guna mendorong inovasi pada sektor teknologi, desain, hiburan dan budaya. Vivid Ideas kembali menghadirkan sejumlah tokoh dunia di bidang teknologi, kreativitas dan sains. Pembuat film, penjelajah lautan dan aktivis lingkungan hidup James Cameron pun telah dikonfirmasikan kehadirannya. Cameron akan membagikan semangatnya pada sains dan teknologi, serta bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi karya-karya filmnya. Selain itu, Adam Spencer juga akan meresmikan pameran James Cameron bertajuk Challenging the Deep di Australian National Maritime Museum.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here