Catat, Waktu Terbaik Melihat Mekarnya Teratai Merah di Thailand

0
753

Provinsi Udon Thani di timur laut Thailand memang belum populer sebagai destinasi wisata, namun berada di kawasan Isan, Udon Thani tak hanya merupakan pintu gerbang menuju Laos karena hanya dipisahkan oleh jembatan yang melingkar di atas Sungai Mekong, namun juga memiliki sejumlah atraksi wisata menarik. Tiap musim dingin, misalnya, danau air tawar di provinsi ini berubah menjadi pink dengan mekarnya teratai merah muda (Nymphaea lotus).

Fenomena yang dikenal dengan Red Lotus Sea ini berlangsung selama tiga bulan, yakni mulai Desember hingga Februari, di Danau Nong Han Kumphawapi. Karena tidak ada sepanjang tahun, kemekarannya ditunggu-tunggu dan bahkan sengaja dijual oleh badan pariwisata setempat untuk mendatangkan devisa.

Waktu terbaik untuk melihat hamparan teratai yang terapung di danau sepanjang 15 kilometer ini adalah mulai pukul 06:00 hingga sekitar tengah hari, namun sebaiknya datang sepagi mungkin. Selain untuk menghindari keramaian dan terik matahari, teratai juga akan menguncup bila matahari sudah tinggi.

Pengunjung yang ingin menyaksikannya dari dekat dapat menyewa perahu di loket yang tersedia. Setelah tiket di tangan, seorang staf lain akan menunjukkan perahu yang dapat dinaiki. Perahu pun sistemnya bergiliran, sehingga pengemudinya tidak perlu berebutan karena semua perahu pasti kebagian penumpang. Tiket wisata dihargai 500 baht untuk satu perahu dengan maksimal enam penumpang. Durasi pelayaran rata-rata satu jam, namun banyak juga yang minta berhenti lama di satu spot yang indah untuk berfoto dan menikmati keindahan yang mengingatkan akan lukisan karya Monet.

Selain Danau Teratai Merah, atraksi menarik lain yang ada di Udon Thani adalah Ban Chiang, situs arkeologi yang menyimpan berbagai peninggalan dari peradaban Neolitik, mulai dari gerabah, perunggu, hingga makan yang berusia 4.000 hingga 7.500 tahun yang lalu. Merupakan satu dari lima Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Thailand, Ban Chiang berada sekitar 50 kilometer dari timur kota Udon Thani. Kebanyakan hotel menyediakan transportasi bagi turis yang ingin menuju kemari. Udon Thani sendiri dapat dicapai dengan naik bus, kereta, dan pesawat, dengan layanan tiap harinya dari terminal dan stasiun di Bangkok, serta Bandara Internasional Don Mueang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here