Novotel dan WWF Luncurkan Inisiatif untuk Lautan Lebih Sehat

Novotel, merek unggulan dari Accor, baru saja mengumumkan kemitraan internasional dengan World Wide Fund for Nature (WWF) untuk melindungi dan memulihkan lautan. Langkah ini sangat penting bagi para penggemar snorkeling dan diving, karena kesehatan lautan sangat mempengaruhi pengalaman bawah laut mereka.

Kemitraan tiga tahun ini bertujuan untuk mengurangi polusi laut, mendukung penangkapan ikan berkelanjutan, dan meningkatkan penelitian ilmiah untuk kesehatan laut. Inisiatif ini selaras dengan tiga prioritas utama PBB terkait aksi kelautan, yaitu mengurangi polusi dan asidifikasi laut, memerangi penangkapan ikan berlebihan, dan mendukung model penangkapan ikan berkelanjutan serta meningkatkan pengetahuan ilmiah tentang kesehatan laut.

Novotel akan meluncurkan Rencana Aksi berbasis ilmu pengetahuan yang mencakup empat pilar utama: pengurangan jejak plastik, air, dan karbon di seluruh hotel-hotel Novotel; implementasi pilihan makanan berkelanjutan yang mengurangi konsumsi daging, ikan, dan limbah makanan di operasi makanan dan minuman mereka; peningkatan edukasi dan kesadaran tentang pentingnya konservasi laut di kalangan tamu, tim hotel, dan masyarakat lokal; serta dukungan untuk penelitian dan inovasi dengan bekerja sama dengan LSM dan berinvestasi dalam inovasi berkelanjutan.

Bagi para penggemar snorkeling dan diving, kemitraan ini membawa kabar baik. Upaya pengurangan polusi dan perlindungan habitat laut oleh Novotel akan memperkaya pengalaman bawah laut, membuat pemandangan terumbu karang dan kehidupan laut semakin memukau.

Kebijakan makanan laut berkelanjutan juga memastikan bahwa makanan laut yang disajikan di restoran Novotel dipilih secara bertanggung jawab, sehingga tidak merusak ekosistem laut. Selain itu, ada peluang edukasi bagi para tamu untuk belajar lebih banyak tentang upaya konservasi dan bagaimana mereka bisa berkontribusi saat berwisata.

Dalam kemitraan ini, Novotel juga akan mendukung proyek-proyek konservasi utama WWF. Ini termasuk perlindungan Posidonia, tanaman laut endemik Mediterania yang berfungsi sebagai penyerap karbon dan habitat bagi berbagai ekosistem laut; penghapusan ‘ghost gear’ untuk mengatasi masalah sampah plastik laut dari alat tangkap yang hilang atau dibuang; serta dukungan untuk inisiatif Blue Panda Boat di Mediterania, termasuk melindungi cetacea dan spesies terancam lainnya.

Selain itu, proyek pelacakan penyu laut di Asia-Pasifik akan mendukung strategi konservasi dengan mengikuti pergerakan penyu laut dari pantai tempat mereka bersarang ke koridor migrasi dan tempat mencari makan, serta peta populasi kritis dan area konservasi. Proyek ini juga mencakup perlindungan penyu laut Atlantik Barat dengan memperkuat kerja sama regional untuk melindungi penyu dan memerangi penangkapan ikan ilegal.

Karelle Lamouche, Chief Commercial Officer, Premium, Midscale & Economy Division, Accor, menyatakan kegembiraannya atas pengumuman kemitraan inovatif ini dengan WWF. Ia menekankan bahwa bersama tim dan tamu, Novotel akan memimpin upaya menuju masa depan yang lebih berkelanjutan bagi lautan, membawa era baru pengelolaan lingkungan di hotel-hotel mereka.

Yann Laurans, Conservation Director, WWF France, juga menambahkan bahwa WWF berkomitmen untuk memulihkan kesehatan laut demi kepentingan manusia dan alam. Mereka percaya bahwa keahlian teknis dan ilmiah mereka akan membantu Novotel melakukan perubahan operasional yang berdampak positif bagi bisnis mereka dan laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here