Taman Waduk Pluit, Opsi Lokasi Lari di Jakarta Utara

Kalau biasanya lokasi taman ada di tengah kota, di Jakarta Utara ada satu taman yang letaknya di pinggir waduk. Disebut Taman Waduk Pluit, letaknya tak jauh dari Baywalk Mall Pluit, hanya sekitar 2,5 km jauhnya. Sesuai namanya, taman ini dibangun di tepi waduk dengan pemandangan bangunan modern di seberangnya. 

Taman Waduk Pluit dibuka untuk umum mulai 2013 lalu, namun waduknya sudah ada sejak lima dekade lalu. Awalnya, waduk tersebut didirikan untuk menyimpan air, terutama di kala musim hujan ketika debit air tinggi. Karena daerah sekitarnya ditempati oleh permukiman, lahannya menyempit dan tak lagi dapat menyimpan air. 

Meski demikian, pemerintah tak serta merta meninggalkan begitu saja waduk tersebut. Beberapa kali waduk tersebut dirawat dengan dikeruk dan dibersihkan dari eceng gondok. Barulah pada 2013 waduk tersebut benar-benar kembali ke fungsi awalnya sebagai salah satu alat utama pengendali banjir di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dengan dipindahkannya permukiman warga di sekitar waduk. Area sekitar waduk pun kemudian ditata dan disulap menjadi taman cantik yang bisa dinikmati oleh masyarakat. 

Seluas 10 hektar, taman ini kemudian menjadi salah satu taman terbaik di Jakarta dengan deretan fasilitas yang lengkap. Mulai dari lapangan basket, lapangan futsal, hingga amfiteater, semua ada di sini. Di sini jugalah warga biasanya datang untuk berlari di lintasan joging yang dinaungi pepohonan rimbun. 

Foto: Dok. Google Maps/Felix Channel

Kalau masih belum puas, di taman ini juga disediakan sejumlah alat fitness. Letaknya persis di seberang lapangan basket. Alat-alat ini biasanya menjadi favorit pengunjung, karena mereka dapat berolahraga tanpa perlu bergerak ke sana kemari seperti berlari atau bermain bola. 

Bila ingin beristirahat, kamu dapat duduk-duduk di kursi taman yang terletak di berbagai sudut taman. Kamu juga dapat berpiknik dengan menggelar tikar di ruang terbuka hijaunya yang ditanami berbagai pohon. Kehadiran pohon ini terutama membantu memberikan keteduhan di siang hari ketika cuaca sedang terik. 

Terletak di Jalan Pluit Timur Raya No. 12, Kecamatan Penjaringan, kamu dapat mencapai Taman Waduk Pluit dengan berkendara sekitar setengah jam dari Monas. Bila ingin berkunjung dengan kendaraan umum, kamu bisa mengaksesnya dengan naik TransJakarta dan turun di Halte Pluit. Dari sana, kamu tinggal berjakan kaki sekitar 500 meter hingga tiba di Taman Waduk Pluit. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here