Gowes Santai di Surabaya Selatan, Rute Taman Bungkul-Taman Mozaik

Tak semua orang dapat pergi jauh-jauh untuk bersepeda saat liburan akhir pekan. Karena itu, opsi gowes di dalam kota pun dipilih dengan harapan dapat berolahraga sambil berekreasi. 

Bagi yang tertarik gowes di Surabaya Selatan, kamu dapat menjajal rute yang bermula di Taman Bungkul dan berakhir di Taman Mozaik. Rute satu ini akan membawamu melewati permukiman warga, tepian sungai, hingga akhirnya tiba di spot fotogenik dengan bangunan ikonik warna-warni di tengah taman. 

Jaraknya tak terlalu jauh, yakni 6,8 km saja. Bagi pesepeda pemula, jarak tersebut cukup untuk sekadar gowes santai. Sementara bila ingin menambah jarak gowes, tinggal pilih titik awal atau titik akhir yang lebih jauh. 

Foto: Instagram @amazingsurabaya

Terletak di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Taman Bungkul yang menjadi titik mula rute ini sendiri merupakan salah satu taman kebanggaan warga Surabaya. Pepohonan rindang yang ditanam di sekitarnya membuat suasana taman pun tampak asri dan serasa jauh dari pusat keramaian kota. 

Fasilitas di taman ini memadai, mulai dari bangku-bangku taman hingga tempat parkir sepeda dan arena sepeda BMX. Kalau tak membawa sepeda, kamu juga dapat menuju Taman Bungkul dengan kendaraan umum atau pribadi, kemudian menggunakan layanan bike sharing yang tersedia mulai pukul 06:00 hingga 20:00. 

Tarifnya menyesuaikan lama penggunaan, yakni Rp3.000 tiap 15 menit. Setelah selesai, kamu tinggal mengembalikan sepeda ke tempat parkir yang sudah tersedia dan mengunci kembali sepeda dengan memindai kode QR. 

Foto: Instagram @wt777

Dari sini, lanjutkan perjalanan menuju Taman Mozaik dengan menyusuri Jalan Gunung Sari dan Jalan Raya Wiyung. Kemudian, mendekati lokasi, kamu akan memasuki sebuah gang bernama Jalan Wiyung Praja. Kalau dari jalan raya, kamu tinggal berbelok ke kiri. Tak perlu khawatir kelewatan, karena di depan gang ada papan penunjuk jalan yang jelas. Sekitar 300 meter kemudian, tibalah kamu di Taman Mozaik.  

Dari tepi jalan, kamu akan langsung mendapati bangunan ikonik yang ada di taman tersebut. Bentuknya menyerupai rumah dengan dinding dan langit-langit bermaterial kaca akrilik warna-warni. Karena menyerupai mosaik dan tampak begitu artistik, Taman Mozaik pun disebut-sebut sebagai salah satu spot fotogenik terbaik di Surabaya. 

Foto: Instagram @indraiswanto1984

Kamu dapat berfoto di depan bangunan tersebut bersama sepeda kesayanganmu. Bagian dalamnya pun dapat dimasuki untuk angle foto yang lebih unik. Taman ini biasanya ramai di akhir pekan, karena itu disarankan datang sepagi mungkin ketika suasana masih sepi dan tak perlu mengantre untuk berfoto sepuasnya. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here