Menikmati Karya Seni di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, berwisata tidak melulu harus keluar kota. Di Jakarta juga terdapat banyak sekali museum yang bisa dikunjungi untuk melepas penat sekaligus menambah wawasan. Jenisnya pun beragam. Bila tertarik dengan dunia seni, Museum Seni Rupa dan Keramik wajib menjadi tujuan kamu.

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Pos Kota No. 2, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, tak jauh dari Museum Fatahillah. Bangunannya yang bergaya neoklasik tampak gagah dengan eksterior berupa barisan pilar-pilar putih. Di dalamnya terdapat banyak koleksi lukisan, patung, dan sketsa dari beberapa seniman ternama.

Foto: Dok. Google Maps/Ajutor Donny T

Gedung ini diresmikan pertama kali pada 12 Januari 1870 dan awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman. Kemudian pada 10 Januari 1972, gedung ini diresmikan sebagai bangunan bersejarah serta cagar budaya yang dilindungi.

Pada 1976, gedung ini diresmikan Presiden Soeharto sebagai Balai Seni Rupa Jakarta. Barulah pada 1990, gedung ini digunakan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik yang dirawat oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta.

Foto: Instagram @dsenjaya89

Seperti museum pada umumnya, Museum Seni Rupa dan Keramik memiliki beberapa fasilitas penunjang, termasuk perpustakaan, studio gerabah, toko cendera mata, dan toilet umum. Perpustakaan menyediakan banyak pilihan buku bacaan tentang seni rupa dan keramik, sedangkan studio gerabah merupakan tempat di mana kamu bisa belajar membuat ragam jenis karya seni rupa dan keramik.

Daya tarik utama museum ini tentu saja pada koleksi seni rupa dan keramik yang terpajang rapi di beberapa ruangan yang terbagi berdasarkan periode lahirnya karya. Beberapa ruangan tersebut antara lain Raden Saleh, Hindia Jelita, Persagi, Pendirian Sanggar, Kelahiran Akademis Realisme, dan Seni Rupa Baru Indonesia.

Foto: Dok. Google Maps/Jefry Hamjaya

Tidak hanya lukisan, museum ini juga memiliki koleksi patung yang menarik untuk ditelusuri. Sedangkan untuk koleksi keramiknya berasal dari berbagai penjuru Indonesia maupun mancanegara, seperti Vietnam, Thailand, Tiongkok, Jepang, hingga Eropa.

Bila ingin menikmati seluruh koleksi karya seni rupa lukisan, patung, dan keramik di museum ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000 untuk dewasa, Rp3.000 untuk pelajar atau mahasiswa, dan Rp2.000 untuk anak-anak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Museum Seni Rupa dan Keramik, kamu bisa mengikuti akun Instagram @museum_keramikjkt.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here