#RacetoRISE Bersama Pelari Baik, Ajak Peserta Galang Dana untuk Korban Bencana

Menyambut Hari Internasional Perempuan yang jatuh pada 8 Maret, Pelari Baik bekerja sama dengan Care Indonesia (Yayasan Care Peduli) untuk mengadakan lomba lari virtual sejauh 8 km atau 8 mil. Dinamai #RacetoRISE, ajang ini digelar untuk mengajak pesertanya menggalang dana dan membantu sesama. 

Seperti yang sudah kita ketahui, awal tahun ini merupakan masa-masa yang sulit dengan serangkaian bencana yang terjadi, termasuk gempa bumi di Sulawesi Barat Januari lalu. Bencana tersebut memaksa ribuan warga harus mengungsi karena rumah, fasilitas intrastruktur, dan bangunan lainnya mengalami kerusakan. Total ada tiga desa yang terdampak gempa, yakni Desa Kayu Angin (Majene), Mekatta Selatan (Majene), dan Takandeang (Mamuju). 

Lewat ajang lari #RacetoRISE, ribuan warga di tiga desa tersebut diharapkan dapat mengakses air bersih maupun fasilitas sanitasi yang lebih baik, sehingga terhindar dari penyakit. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, menjaga kebersihan adalah hal yang paling penting untuk mencegah penularan virus Covid-19 lebih lanjut. 

Saat ini, kondisi toilet dan kamar mandi darurat tidak memiliki privasi, jaraknya jauh, penerangannya buruk, dan tidak aman bagi anak-anak maupun perempuan karena risiko pelecehan dan kekerasan seksual. Nantinya, seluruh fasilitas yang dibangun, dari toilet, kamar mandi, dan tempat cuci pakaian, akan didedikasikan untuk perempuan, lansia, maupun difabel. Donasi yang terkumpul juga akan digunakan untuk perbaikan dan instalasi pipa air.

Bila tertarik mengikuti ajang ini, kamu dapat mendaftarkan diri ke laman ini paling lambat 12 Maret 2021. Biaya registrasi sudah termasuk donasi pribadi, jadi kamu bisa membayar secara sukarela. Untuk donasi minimal Rp140.000, kamu akan mendapatkan jersey. Namun slot add on jersey ini terbatas dan akan langsung ditutup bila sudah penuh, jadi jangan sampai terlewat.

Kamu bisa berlari di lokasi mana saja, asal mengikuti protokol kesehatan dan mematuhi aturan yang berlaku. Untuk menghitung jarak lari, gunakan aplikasi perekam aktivitas, seperti Strava, Garmin Connect, Nike Run Club, Endomondo, dan lainnya. Khusus pengguna aplikasi Strava, mereka dapat langsung tergabung dengan klub Pelari Baik dengan mengklik laman ini. Jarak lari akan tercatat secara otomatis dengan mengunggah foto e-BIB pada aktivitas yang di-submit. 

Foto: Instagram @pelaribaikofficial

Periode lomba adalah 13 dan 14 Maret 2021, namun peserta dapat memilih salah satu dari tanggal tersebut untuk berlari. Pihak panitia hanya menerima satu kali submit untuk masing-masing peserta. 

Acara ini menargetkan penggalangan donasi hingga Rp100 juta rupiah. Seluruh dana yang terkumpul akan langsung disalurkan ke Care Indonesia untuk mendukung program penyediaan air bersih dan fasilitas sanitasi pascabencana. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here