Tanpa Perlu Jauh-jauh ke Vatikan, Kamu Bisa Jalan-jalan Virtual ke Museumnya

Sistine Chapel

Pembatasan perjalanan global yang tengah berlangsung saat ini memang membuat wisatawan harus menunda liburannya untuk sementara waktu. Namun, bukan berarti kamu tak bisa menikmati hiburan selama di rumah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjelajah suatu tempat, salah satunya dengan wisata virtual. Destinasinya pun tak terbatas hanya di Indonesia, namun juga luar negeri.

Patung Zeus di Vatican Museums

Kalau salah satu impianmu adalah mencoret daftar kunjungan ke Vatikan untuk mengunjungi berbagai museumnya yang memukau, kamu beruntung, karena situs resmi Vatican Museums telah meluncurkan beragam pilihan tur ke deretan museumnya yang populer.

Menariknya lagi, wisata virtual ini bisa kamu nikmati secara gratis, tanpa biaya sepeser pun. Belum lagi kamu bisa bebas berlama-lama mengeksplorasinya dan mengamati detail-detailnya yang menawan. Kalau datang langsung ke lokasi, tak cukup rasanya menjelajahi tempat-tempat ini dalam hitungan jam.

Pio Clementino Museum

Apalagi sebelum pandemi, museum ini dikunjungi jutaan wisatawan tiap tahunnya. Hampir seluruh aulanya padat pengunjung, sehingga sulit untuk berdiam diri dan benar-benar mengagumi koleksi lukisannya yang sangat detail, terutama koleksi yang ada di Sistine Chapel.

Dengan hadirnya tur virtual yang diluncurkan Vatican Museums ini, kamu dapat mengunjungi beberapa areanya yang populer tanpa harus berdesakan. Format fotonya 360 derajat, yang berarti kamu dapat menikmati interior ruangannya secara penuh sekaligus memperbesar gambar bila dirasa kurang jelas.

Gallery of Maps

Tak hanya itu, berkat format virtual ini jugalah kamu dapat berkesempatan mengunjungi beberapa area yang biasanya terlarang untuk umum, termasuk Niccoline Chapel yang menampilkan deretan lukisan dinding karya Fra Angelico. Raphael’s Rooms yang jarang dibuka untuk pengunjung pun bisa dijelajahi. Kamu dapat menyaksikan sendiri betapa elegannya ruangan yang pernah didiami oleh Paus Yulius II dan Paus Leo X tersebut.

Untuk tur virtual ke Vatican Museums, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here