Ingin Joging di Akhir Pekan? Taman Mataram Bisa Jadi Pilihan

0
4438

Memasuki akhir pekan, banyak orang yang melewatkannya dengan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Agar tak perlu pergi jauh, lokasinya pun bisa yang dekat rumah, seperti lapangan atau taman kota terdekat.

Bagi yang berdomisili di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Taman Mataram yang terletak di Jalan Sisingamangaraja dapat menjadi pilihan. Terletak di kawasan perumahan, taman tersebut tadinya merupakan pom bensin, sebelum kemudian diambil alih oleh pemerintah setempat untuk direvitalisasi dan dijadikan taman kota yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk beraktivitas, khususnya saat akhir pekan.

Foto: Instagram @naufalfirzaf

Berbentuk persegi panjang, area taman ini dikelilingi oleh dua jalan protokol dan dua jalan lingkungan perumahan. Area yang berada di antara jalur pedestrian ditanami rerumputan hijau, selain juga dihiasi pohon-pohon rindang dan tumbuhan semak. Dengan pemandangan asri seperti ini, tak heran bila taman ini pun difavoritkan warga setempat untuk berolahraga.

Biasanya, pengunjung berjalan santai atau berlari di treknya yang nyaman, atau bersenam dan beryoga di area yang lebih lapang. Bila ingin jogging mengelilingi taman, satu putaran jaraknya tak sampai 600 meter.

Fasilitas gym sederhana juga tersedia untuk melengkapi aktivitas berolahraga. Bila mengajak serta anak-anak, Taman Mataram juga menyediakan area bermain yang dilengkapi ayunan dan perosotan.

Foto: Instagram @temantaman.jkt

Selain berolahraga, kamu bisa sekadar duduk santai di bangku-bangku taman. Sambil menikmati hangatnya sinar mentari pagi, kamu dapat melihat indahnya berbagai jenis bunga yang ditanam di sini, seperti bunga kana merah (Canna indica), bunga terompet emas, tabebuya kuning (Tabebuia caraiba), mandevilla merah, dan kalistemon (Callistemon viminalis).

Fasilitas lain yang tersedia di Taman Mataram adalah area parkir kendaraan, kamar mandi umum, dan tempat sampah di beberapa titik agar pengunjung dapat tetap menjaga kebersihan taman.

Foto: Instagram @temantaman.jkt

Waktu terbaik untuk berolahraga di sini adalah pagi hari mulai pukul 06:00 sampai 09:00. Kamu sebaiknya membawa bekal air mineral ataupun makanan sendiri dari rumah. Protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan tidak membuat kerumunan, juga wajib untuk dipatuhi.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here