Mencoba Aktivitas Panjat Tebing Indoor di Indoclimb, Jakarta

0
4515

Rock climbing atau panjat tebing merupakan salah satu dari sekian banyak aktivitas alam bebas yang dapat memacu adrenalin, selain membutuhkan kekuatan fisik dan mental dalam melakukannya. Aktivitas ini sejatinya tidak berbahaya seperti yang dibayangkan orang-orang sebelumnya. Selama dilakukan dengan teknik yang benar dan didukung peralatan yang memadai, panjat tebing dapat menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Namun, agar lebih aman, para pemula disarankan untuk latihan terlebih dahulu di arena panjat tebing dalam ruang. Arena ini dapat menjadi batu loncatan untuk melakukan pendakian pada tebing yang sesungguhnya. Bila latihan dirasa sudah cukup, barulah mereka dapat menjajal latihan di alam bebas, tentunya dengan tetap diawasi oleh seorang mentor.

Foto: Instagram @indo.climb

Di Jakarta sendiri, ada beberapa arena panjat tebing dalam ruang yang bisa kamu pilih, termasuk Indoclimb. Terletak di lantai 3 fX Sudirman, Jakarta Pusat, indoor climbing gym ini memiliki tiga zona latihan, yaitu boldering, rope climbing, dan lead climbing. Bila kamu baru memulai memanjat atau berada di level menengah, disarankan untuk mengikuti kelas interval boldering.

Boldering adalah salah satu bentuk panjat tebing yang dilakukan di atas dinding setinggi empat meter, tanpa tali atau harness. Namun, di bawah sudah disediakan matras untuk menahan tubuh bila terjatuh. Di kelas ini, kamu akan dilatih oleh para profesional untuk mempelajari teknik memanjat, meningkatkan daya tahan tubuh, memilih pijakan kaki, dan berbagai hal lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan dalam memanjat tebing.

Foto: Instagram @adnanbuchari

Selama pandemi, Indoclimb tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari sterilisasi area pada pagi dan sore hari; sterilisasi peralatan, seperti matras dan dinding panjat; hingga sterilisasi perlengkapan, seperti tali, sepatu panjat, dan quickdraw.

Pengunjung wajib untuk mengenakan masker selama di area Indoclimb. Pengunjung juga dibatasi dengan jumlah kapasitas maksimal 30 orang dalam satu sesi kelas. Sesi pertama dimulai pukul 11:00 hingga 15:00, kemudian area ditutup untuk sterilisasi selama satu jam. Sesi kedua dilanjutkan mulai pukul 16:00 hingga 20:00.

Indoor climbing gym ini juga dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk menikmati fasilitas panjat tebing di sini, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp155.000 per orang. Bila tidak memiliki perlengkapan memanjat, kamu bisa menyewa di Indoclimb dengan harga mulai Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk satu jenis alatnya.

Untuk melakukan reservasi dan mengecek jadwal kelas yang tersedia, kamu dapat mengunjungi situs resmi Indoclimb. Kamu juga bisa mengikuti akun Instagram @indo.climb dan menghubungi WhatsApp 0819 2828 4328 untuk informasi lebih lanjut.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here