Jalur Gowes Mangunan, Tawarkan Suasana Alam yang Syahdu

Selama pandemi, kegiatan bersepeda tak hanya menjadi tren di ibu kota, namun juga di kota-kota lainnya. Hal ini terlihat dari laman media sosial yang isinya ramai oleh foto-foto orang yang memamerkan kegiatan bersepeda mereka, baik untuk sekadar melewatkan akhir pekan maupun gowes santai sembari menikmati alam.

Nah, bila kebetulan sedang berada di Yogyakarta, kamu bisa menjajal bersepeda di salah satu jalurnya yang cukup menantang, ditemani pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk. Jalur tersebut terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Foto: Instagram @agusnihsan

Jalur Mangunan sudah terkenal di kalangan penggemar sepeda sebagai jalur yang menawarkan suasana syahdu, terutama bila dilintasi saat pagi hari. Trek di kawasan ini didominasi oleh kawasan hutan pinus yang masih asri. Suasananya pun sepi, sementara udaranya sejuk. Namun, butuh kekuatan fisik ekstra untuk melintasi jalur Mangunan karena lokasinya berada di dataran tinggi.

Dari pusat kota Yogyakarta, kamu tinggal mengarahkan sepeda menuju Jalan Imogiri. Jalan raya beraspal mulus sejauh 10 km tersebut nyaman untuk dijadikan pemanasan, sebelum akhirnya memasuki jalur tanjakan menuju Mangunan dengan jarak tempuh kurang lebih 5 km. Di sepanjang jalan, tak jarang kamu akan menjumpai pesepeda yang terpaksa menuntun sepeda mereka saat melewati jalur ini.

Foto: Instagram @amatdjazuri

Perjalanan berlanjut memasuki kawasan wisata dengan hutan pinus di kanan kiri jalan, dengan tanjakan yang lebih tajam dan berkelok-kelok. Sekitar 1 km kemudian, kamu akan tiba di gerbang Hutan Pinus Mangunan. Dari sini, lanjutkan perjalanan sampai gardu pandang Kebun Buah Mangunan, yang biasa dijadikan destinasi terakhir para pesepeda.

Di spot setinggi 200 mdpl ini, kamu dapat melihat hijaunya kawasan Bantul dengan aliran sungai Oyo yang membelahnya. Dari sini pula kamu dapat melihat Jembatan Gantung Imogiri yang sering dijadikan spot untuk berfoto.

Bila tiba di Kebun Buah Mangunan menjelang matahari terbit, kamu akan disuguhkan lautan awan yang terbentang luas menutupi area perbukitan di sekitarnya, kemudian perlahan menghilang disinari mentari pagi. Rasa letih mengayuh sepeda seolah sirna terbayarkan dengan panorama yang disajikan oleh tempat ini.

Total jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta sampai lokasi ini sekitar 23 km. Sangat melelahkan memang, tetapi itu semua akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Untuk masuk ke kawasan wisata Mangunan, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang di hari biasa dan Rp6.000 per orang di akhir pekan.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here