Rute Bersepeda Santai di Lombok, dari Islamic Center ke Tembolak Pelangi

Memasuki 2021, bersepeda masih menjadi pilihan aktivitas olahraga yang digemari oleh semua kalangan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bersepeda juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Apalagi jika bersepeda dikelilingi pemandangan yang hijau, udara yang sejuk, serta tidak terlalu ramai dan bebas polusi kendaraan.

Bila kamu sedang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, kamu bisa mencoba bersepeda menyusuri jalanan di Kota Mataram, dimulai dari Masjid Islamic Center Mataram, melewati Tugu Mataram Metro, kemudian berakhir di Tembolak Pelangi.

Foto: Instagram @kameraudaralombok

Selama perjalanan dari Islamic Center menuju Tembolak Pelangi, kamu akan disuguhkan panorama hijau persawahan yang menyegarkan mata. Bersepedalah di pagi hari, yakni antara pukul 07:00 hingga 09:00, sehingga kamu masih bisa menikmati udara sejuk yang belum tercemar kendaraan bermotor.

Mendekati Tembolak Pelangi, kamu akan lebih dahulu melewati Tugu Mataram Metro. Menara ini merupakan ikon Kota Mataram maupun Pulau Lombok dengan simbol kerang mutiara di puncaknya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pulau tersebut merupakan salah satu penghasil mutiara terbaik di Indonesia.

Foto: Instagram @diansoshandayani

Menempuh jarak sekitar 5,4 km dengan naik sepeda pastilah membuat tubuh berkeringat. Lelah bersepeda, kamu bisa beristirahat di tujuan akhir, yaitu Tembolak Pelangi. Di waktu tertentu, kamu juga bisa menjumpai pedagang yang menjual makanan atau minuman yang bisa dinikmati selagi beristirahat.

Tembolak Pelangi sendiri merupakan ikon baru Pulau Seribu Masjid yang wajib dikunjungi. Sesuai namanya, gapura ini berbentuk tembolak atau tudung saji khas suku Sasak. Dicat warna-warni seperti pelangi, tak jarang gapura ini menarik perhatian pengendara yang melintasi kawasan ini untuk berhenti sejenak dan berfoto.

Foto: Instagram @endyiron

Terletak di kawasan Bypass Bandara Internasional Lombok, tepatnya di Jalan Lingkar Selatan, Tembolak Pelangi juga menjadi pintu perbatasan antara Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat. Ukurannya yang raksasa seolah menjadi gerbang megah bagi siapa saja yang melaju di bawahnya.

Sedikit tips bagi kamu yang ingin beristirahat atau berfoto di area Tembolak Pelangi, disarankan untuk berhati-hati karena berada di jalan raya yang sering dilintasi kendaraan. Kamu juga dihimbau agar tidak mengganggu laju kendaraan yang melintas atau kenyamanan para pengendara. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here