Menikmati Seni Lewat RuangDalam Art House, Yogyakarta

Foto: Dok. RuangDalam Art House

Mendapat predikat sebagai kota penghasil seniman membuat Yogyakarta seringkali menjadi barometer seni rupa di Indonesia. Tanpa perlu menunggu jadwal pameran, kamu dapat dengan mudah menikmati seni di sejumlah galerinya.

Adalah RuangDalam Art House, yang merupakan rumah milik seorang pelukis Gusmen Heriadi. Pada 2016, Gusmen dan istrinya berinisiatif menyulap kediaman pribadinya menjadi sebuah ruang seni yang dapat dinikmati publik.

Foto: Dok. RuangDalam Art House

Di rumah berlantai dua itu, bagian ruang tamu yang bersebelahan dengan dapur di lantai satu diubah menjadi ruang galeri. Terdapat pula beranda dan halaman yang luas di samping rumah, lengkap dengan bangku-bangku di bawah naungan pohon mangga yang rindang. Tempat itu biasanya digunakan sebagai tempat diskusi para seniman saat sedang ada pameran. Di sebelah ruang galeri juga terdapat bengkel tempat melukis.

RuangDalam Art House memiliki misi yang terbentang melalui beragam kegiatan seni, khususnya seni rupa. Tujuannya, yakni untuk mengembangkan seni rupa kotemporer Indonesia, selain juga memperkenalkan dan mempromosikan seniman-seniman yang terlibat dalam program kerja RuangDalam Art House.

Foto: Dok. RuangDalam Art House

Beberapa pameran yang telah diselenggarakan oleh RuangDalam Art House antara lain 00.07 O’Clock (2016) yang merupakan pameran tunggal seniman Desy Gitary, Festival Seni Budaya Jeblog Kawistara: Jeblog Artist + (2017), pameran seni rupa kon(d)isi (2020), Otak Kanan (2018), dan masih banyak lagi.

Selain rutin menggelar pameran yang didominasi oleh hasil karya seniman muda, RuangDalam Art House juga menawarkan program pendidikan seni, contohnya lokakarya konservasi lukisan, kelas keterampilan seni rupa, serta kelas pembakaran keramik.

Foto: Dok. RuangDalam Art House

Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke tempat ini, RuangDalam Art House buka setiap Senin hingga Sabtu pukul 11:00 hingga 16:00. Lokasinya terletak di Jalan Kebayan, Gang Sawo No. 55, Jeblok, Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, atau sekitar 10 menit berkendara dari Alun-alun Kidul Yogyakarta. Kamu juga dapat memantau akun Instagram @ruangdalamarthouse atau situs resmi RuangDalam Art House untuk mengetahui jadwal pameran terbarunya.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here