Menikmati Sejuknya Bandung dengan Joging di Hutan Babakan Siliwangi

Pandemi yang masih berlangsung mengajarkan masyarakat betapa berharganya dapat menghirup udara segar di alam terbuka dan betapa pentingnya ruang terbuka hijau sebagai salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan. Tak sekadar mengurangi polusi, taman dan hutan pun dapat menjadi sarana berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, tentu saja dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Salah satu hutan kota yang memenuhi peranan itu adalah Babakan Siliwangi (Baksil). Lokasinya di Bandung, tepatnya di Jalan Tamansari, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong. Babakan Siliwangi siap memanjakan siapa saja yang datang ke sana dengan lengkapnya fasilitas yang ada, mulai dari area parkir yang memadai, toilet umum, musala, kursi taman yang terletak di beberapa titik, hingga akses Wi-Fi gratis.

Tak hanya itu, hutan kota ini juga memiliki fasilitas menarik bernama Forest Walk Babakan Siliwangi. Berupa jembatan kayu dan besi yang mengelilingi kawasan hutan, jalur sepanjang dua kilometer ini kerap difavoritkan warga untuk menyusuri Baksil. Hanya saja, selama pandemi jalur ini masih ditutup untuk umum. Sebagai gantinya, pengunjung dapat berjoging atau berlari santai di sekitar kawasan hutan kota sembari menikmati udara sejuk dan rindangnya pepohonan hijau.

Kawasan wisata Baksil menempati lahan seluas 3,8 hektar. Memiliki kontur yang berbentuk lembah, area ini merupakan hasil bentukan alam dari aliran Sungai Cikapundung beberapa puluh tahun lalu. Baksil dipercaya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan dikenal sebagai area sabuk hijau Kota Bandung yang memiliki nama Lebak Gede.

Foto: Instagram @kakadedi

Kawasan Baksil juga seringkali menjadi pilihan untuk lokasi observasi burung, karena banyaknya burung yang hidup dan membuat habitatnya di sini. Dengan panorama alam yang masih asri, ditambah kicauan burung-burung yang merdu, tentu saja akan menjadikan aktivitas olahragamu akan lebih menyenangkan.

Hutan Kota Baksil buka tiap hari pukul 06:00 hingga 18:00, namun bila ingin berolahraga disarankan datang sedari pagi untuk menghindari keramaian. Biaya masuknya gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp3.000 untuk kendaraan roda dua. Lokasinya sendiri tak jauh dari pusat kota Bandung, tepatnya sekitar 800 meter jauhnya dari Bandung Zoological Garden.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here