Menikmati Keindahan Danau sembari Joging di Situ Gintung

Mencari tempat yang nyaman untuk berlari santai sembari menikmati udara sejuk bukanlah perkara mudah, terlebih bagi warga ibu kota. Karena itulah kebanyakan dari mereka kemudian mencari alternatif tempat olahraga di kota-kota pinggiran Jakarta, seperti Situ Gintung yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Di kawasan ini, pengunjung dapat menjumpai trek joging berupa paving block yang mengitari danau. Jalur sepanjang empat kilometer ini cukup lebar, yakni sekitar dua meter, sementara di sisinya pun dihiasi tanaman rindang, sehingga kamu pun dapat berlari dengan nyaman di bawah rimbunnya pepohonan. Bila ingin berolahraga, kamu bisa datang kemari sedari pagi, sekitar pukul 08:00 hingga 09:00, atau sore sekitar pukul 16:00 hingga 17:00.

Foto: Instagram @raissatupamahu

Area pintu masuk danau berupa jalur turunan yang landai. Di bawah jalan menurun ini terdapat bendungan Situ Gintung yang sudah diperbaiki setelah sempat jebol beberapa tahun lalu. Jalan ini sebenarnya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, namun karena dikhususkan bagi pejalan kaki, jarang ditemui kendaraan yang melintas di jalur ini.

Selain berlari santai, kamu pun dapat melakukan aktivitas lain, seperti bersenam ataupun bersepeda. Lelah berolahraga, kamu bisa duduk-duduk di tepian danau sembari menikmati bekal yang sudah dibawa sebelumnya. Di sekitar danau ini sebenarnya terdapat beberapa pedagang yang menjual makanan ringan dan minuman, namun disarankan untuk membawanya sendiri demi menjaga kebersihan di tengah pandemi.

Selain dijadikan sebagai sarana berolahraga, lahan terbuka hijau ini juga menjadi area rekreasi favorit penduduk sekitar di akhir pekan, terutama sebelum pandemi. Alasannya, selain karena biayanya yang murah, yakni cukup membayar parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor, kawasan ini juga bisa diakses kapan saja dan oleh siapa saja.

Biasanya warga sekitar memilih untuk sekadar duduk bersantai di tepi danau dan bercengkerama sembari menikmati suasana danau yang asri. Bila beruntung, kamu juga bisa melihat beberapa warga yang sedang menjala ikan di danau.

Bila ingin berolahraga di kawasan Situ Gintung, kamu wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu kamu juga diharuskan menjaga kebersihan lokasi ini, salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Akses menuju trek joging Situ Gintung bisa kamu lihat di sini.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here