Gowes Menyusuri Kawah Gunung Galunggung, Berani Coba?

0
4463
Foto: Instagram @adisuryadi28

Kawasan wisata Gunung Galunggung tak hanya menawarkan atraksi alam seperti kawah, air terjun, ataupun pemandian air panas. Di sini, kamu juga dapat menjumpai sebuah bike park yang memiliki trek bersepeda gunung untuk kategori downhill maupun enduro dengan jarak tempuh bervariasi.

Sembari menjajal sejumlah jalur yang ada di Galunggung Bike Park, kamu dapat mengayuh sepeda sembari menikmati pemandangan kawah. Treknya pun unik, karena didominasi pasir vulkanik khas wilayah pegunungan.

Foto: Instagram @cahyawisastra099

Terletak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya, kamu dapat mencapai bike park ini dengan berkendara selama 50 menit. Setibanya di parkiran mobil dekat Kawah Gunung Galunggung, kamu tak perlu menggotong sepeda menaiki ratusan anak tangga, melainkan cukup mendorong sepeda melalui jalan beton kurang lebih 10 menit hingga tiba di Galunggung Bike Park.

Foto: Instagram @restisetyadi

Ada dua trek sepeda yang bisa dipilih di sini. Pertama, trek downhill yang melintasi bibir kawah dan hutan pakis. Selain menikmati pemandangan kawah dan kota Tasikmalaya, kamu juga akan melewati tugu peringatan letusan Gunung Galunggung di rute ini. Terbilang pendek dan relatif lurus, jalur ini berawal dari tepian kawah di ketinggian sekitar 1.100 mdpl, dan berakhir di dekat parkiran mobil. 

Foto: Instagram @bronik_adventure

Kemudian, ada trek enduro dengan medan tanah dan pasir melintasi hutan yang lebih rimbun. Jalurnya lumayan ekstrem dengan berbagai variasi tikungan, sehingga cocok untuk penyuka adrenalin. Rutenya sendiri berawal dari titik finis trek pertama dan berakhir di dekat pintu masuk kawasan wisata Gunung Galunggung.

Foto: Instagram @abiy_adan

Bagi yang tertarik menjajal trek di Galunggung Bike Park, kamu cukup membayar tiket Rp25.000 per orang untuk gowes sepuasnya di sini. Bila datang bersama rombongan, kamu juga dapat menyewa mobil untuk loading maksimal tujuh sepeda dengan biaya Rp400.000 per mobil. Tidak ada rental sepeda yang tersedia di sini, jadi bawa sendiri sepeda dan perlengkapan yang dibutuhkan. 

Selama pandemi, Galunggung Bike Park beroperasi setiap hari pukul 07:00 hingga 16:00. Selama di lokasi, pesepeda wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, termasuk mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan pengunjung lain. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here