Berkemah di Pantai Soge, Pantai Cantik di Jalur Lintas Selatan Pacitan

0
4264

Suguhan keindahan alam Pacitan memang tidak ada habisnya. Selain mendapat julukan Kota Seribu Gua, Pacitan juga memiliki pantai-pantai yang membentang di sepanjang Pantai Selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Bentang alam inilah yang menjadikan Pacitan sebagai destinasi wajib untuk dikunjungi.

Salah satu pantai yang berada dalam deretan pantai indah yang menghiasi Jalur Lintas Selatan (JLS) adalah Pantai Soge. Pemandangan pantai yang dikelilingi perbukitan ini terlihat sangat memukau karena bisa disaksikan dari jalan raya lintas selatan.

Bila ingin merasakan sensasi berkemah dengan suara deburan ombak, Pantai Soge bisa menjadi pilihan. Walaupun tidak memiliki camping ground khusus, hamparan pasir di tepiannya cukup luas, sehingga tenda-tenda pun dapat didirikan di sini.

Kegiatan Seru Selagi Berkemah

Kalau memang berencana datang kemari untuk berkemah, tidak ada salahnya berkunjung sedari pagi. Selain camping, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk berfoto di jembatan ikonik yang berada tidak jauh dari kawasan pantai. Dari atas jembatan akan terhampar jelas pemandangan sekitar yang juga tidak kalah cantiknya.

Foto: Instagram @gusstrav

Kemudian, kamu dapat menjelajahi pantai dan berjalan hingga sampai di ujungnya. Di sana, kamu akan menjumpai muara sungai yang terpisah dengan laut karena dibatasi gundukan pasir pantai. Hal inilah yang menyebabkannya tampak terlihat seperti sebuah danau kecil.

Bila ingin mengistirahatkan kaki, kamu bisa menuju salah satu gazebo yang tersedia di pinggir pantai. Warung-warung sederhana pun ada di sini, sehingga kamu tidak perlu khawatir bila tiba-tiba kelaparan. Opsi lainnya, kamu dapat bermain pasir, berjemur, atau berpiknik di tepiannya sembari menunggu senja. Karena Pantai Soge memiliki ombak yang besar khas pantai selatan, tidak disarankan untuk berenang di perairannya.

Foto: Instagram @fiqqimaulana

Menyambut datangnya malam, kamu bisa mulai mendirikan tenda sembari menikmati suasana sore di Pantai Soge. Sebaiknya bawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan, karena di lokasi belum tersedia fasilitas penyewaan tenda maupun kebutuhan berkemah lainnya.

Tiket Masuk dan Akses Menuju Lokasi

Selain warung-warung sederhana, di kawasan Pantai Soge juga sudah tersedia fasilitas umum lainnya seperti toilet, musala, dan area parkir. Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp5.000 per orang, belum termasuk biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Foto: Instagram @diahhermanto

Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tidak ada transportasi umum yang melayani rute ke pantai ini, jadi cara termudah kemari adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat kota Pacitan, jarak ke Pantai Soge sekitar 27 kilometer, atau dapat ditempuh dengan 40 menit berkendara.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here