3 Pilihan Jogging Track Asyik di Kawasan Jagakarsa

0
4212

Berolahraga tentunya akan semakin asyik jika dilakukan di tempat yang sejuk, tidak terlalu ramai, serta aksesnya yang mudah dijangkau. Apalagi jika bersama keluarga, berolahraga sambil berwisata adalah pilihan yang tepat. Bagi warga Jakarta, khususnya yang bertempat tinggal di kawasan Jagakarsa, berikut ini tiga pilihan taman kota yang bisa menjadi lokasi untuk berolahraga santai saat akhir pekan.

1. Taman Tabebuya

Terletak di Jalan Moh. Kahfi 1, Ciganjur, taman cantik yang ada di selatan Jakarta ini terutama populer berkat keberadaan kolam teratainya dengan suasana sekitar yang masih asri. Selain jogging track, taman ini juga menyediakan fasilitas lain untuk aktivitas olahraga lain, seperti peralatan fitness. Fasilitas umum seperti toilet, kantin, dan lapangan parkir juga tersedia di Taman Tabebuya.

Foto: Instagram @asti_indah

Taman seluas sekitar 9.200 meter persegi ini dinamakan demikian karena di sekitarnya dihiasi deretan pohon tabebuya. Tanaman asal Brasil ini unik, karena bunganya berwarna merah muda layaknya sakura. Namun, bunga tersebut hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya pada pertengahan sampai akhir musim penghujan.

2. Taman Spathodea

Taman Spathodea terletak di Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa. Taman yang difungsikan sebagai resapan air ini sengaja ditanami pohon hujan (Spathodea campanulata). Pohon asal Afrika ini memang cepat tumbuh dan rajin berbunga, sehingga sering dipakai untuk penghijauan.

Foto: Instagram @jakarta_tourism

Taman Spathodea menyediakan jogging track sepanjang 100 meter dengan view danau kecil serta pepohonan rindang yang melingkupinya. Berada di kawasan permukiman, taman ini juga sering menjadi tempat rekreasi bagi keluarga, karena di dalamnya terdapat arena bermain untuk anak-anak.

3. Taman Alang-alang

Taman yang terletak di Jalan Antariksa Raya, Cipedak ini memang tidak terlalu luas. Namun Taman Alang-alang memiliki jogging track yang nyaman dengan suasana yang asri dan lingkungan yang bersih.

Foto: Dok. Google Maps/Riot DM

Selain menjadi lokasi untuk berolahraga, Taman Alang-alang juga difungsikan menjadi salah satu ruang pengendali banjir di ibu kota. Harapannya, saat musim penghujan tiba, air hujan dapat terkumpul dan meresap di taman ini.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here