Tinggalkan Jalanan Kota, Gowes Saja Menyusuri Kawasan Pedesaan Bali

Dengan lanskap alamnya yang beragam, Bali merupakan salah satu destinasi terbaik untuk bersepeda. Bila di kawasan pesisir kamu dapat menikmati panorama pantai, lain lagi bila menyusuri kawasan pedesaannya yang asri. Kamu tak hanya dapat melewati perkebunan dan persawahan warga, namun juga menikmati pemandangan perbukitan dan pegunungan. 

Salah satu lokasi gowes yang menawarkan panorama khas pedesaan Bali adalah Kintamani. Terletak di utara Bali, tepatnya di Kabupaten Bangli, desa yang terutama terkenal dengan pemandangan Gunung dan Danau Batur ini menawarkan hawa yang lebih sejuk ketimbang daerah lainnya di Bali. 

Tanpa perlu bercucuran keringat deras karena teriknya sinar matahari, kamu dapat gowes dengan nyaman melintasi jalanan yang didominasi turunan hingga tiba di Ubud. Karena treknya cukup mudah dan hanya perlu banyak mengerem, rute ini pun direkomendasikan bagi pesepeda pemula. Jalanan yang dilewati pun bukan jalanan sibuk seperti di kota, melainkan jalanan pedesaan yang lebih sepi dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. 

Tergantung lokasi start, rute Kintamani-Ubud ini jaraknya sekitar 20 hingga 30 kilometer, dengan durasi bersepeda sekitar tiga sampai empat jam. Sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat keseharian masyarakat pedesaan di Bali dan mengagumi persawahan yang terhampar di depan mata. 

Untuk menjajal rute ini, kamu dapat membawa sepeda sendiri dan menyusurinya tanpa pemandu, atau mengikuti tur sepeda yang sudah termasuk sejumlah fasilitasnya. 

Klook.com, misalnya, menawarkan paket tur sepeda Kintamani-Ubud seharga Rp410.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk sewa sepeda dan perlengkapannya, pemandu profesional, asuransi, makan siang, teh atau kopi sebelum memulai gowes, soft drink dan air mineral, serta transportasi dua arah dari/ke hotel di area Ubud, Sanur, Kuta, Legian, Seminyak, Kerobokan, Tuban, Nusa Dua, dan Tanjung Benoa. 

Tur tersebut dimulai dengan penjemputan dari akomodasi antara pukul 07:15 hingga 08:45. Tiba di lokasi, peserta akan diajak menikmati kopi atau teh sembari menikmati pemandangan Danau Batur. Barulah pukul 10:30 gowes dimulai dengan trek menuruni bukit dan mampir di salah satu rumah warga di desa setempat. 

Setelah makan siang, gowes dilanjutkan hingga akhirnya tiba di Ubud. Sekitar pukul 16:30, pihak tur akan kembali mengantarkan peserta ke akomodasi. Menarik bukan? Kamu tak perlu membawa apa pun untuk mengikuti tur ini, cukup siapkan kamera, losion tabir surya, dan baju ganti. Bila tertarik, kamu dapat memesan tur sepeda Kintamani-Ubud di laman ini. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here