Jauh-jauh ke Magelang, Sekalian Gowes di Sekitar Borobudur

Sudah jauh-jauh ke Kabupaten Magelang untuk mengunjungi Candi Borobudur, namun enggan meninggalkan lokasi dan ingin gowes untuk mengeksplorasi kawasan di sekitarnya? Tak perlu khawatir, karena kamu tak akan kekurangan pilihan atraksi. 

Terlebih, di sini tersedia tempat rental sepeda untuk traveler yang tertarik menjajal beberapa rute menarik di sekitar Candi Borobudur. Fasilitas ini terutama menarik bagi wisatawan dari luar kota yang ingin gowes di sini, namun tak ingin repot membawa sepeda sendiri. 

Lokasi rental sepeda ini sendiri ada di Jalan Balaputradewa No. 38, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bila menggunakan Google Maps, kamu cukup menuliskan “Wisata Sepeda Borobudur” pada kolom pencarian. Letaknya hanya satu kilometer dari Candi Borobudur, atau tak sampai lima menit berkendara. 

Menawarkan berbagai macam jenis sepeda dengan jumlah sepeda yang disewa mencapai 3.000 unit, harga sewa sepeda di sini terjangkau, yakni Rp15.000 saja per hari. Sementara untuk sepeda dengan boncengan, tarifnya Rp25.000. 

Kamu bebas membawa sepeda tersebut ke mana saja, mulai dari rute yang menyusuri perkampungan, perkebunan, hingga persawahan dengan latar perbukitan Menoreh. Tak jarang, saking indahnya pemandangan di sini, banyak pesepeda yang kemudian sering berhenti di tengah jalan untuk berfoto. 

Selama menyusuri desa di sekitar Borobudur, kamu juga dapat menjumpai hal-hal menarik, seperti rumah-rumah pengrajin batik, topeng, gerabah, bambu, kayu, dan batu, selain juga galeri seni yang sayang untuk dilewatkan. 

Sejumlah operator tur juga menyediakan paket wisata sepeda yang sudah termasuk membuat kerajinan tangan pilihan (dari batik hingga gerabah) sekaligus menikmati sajian makanan atau minuman khas desa. 

Liburanjogja.id, misalnya, menawarkan paket tersebut seharga Rp700.000 untuk dua orang (semakin banyak peserta, semakin murah harganya). Biaya ini sudah termasuk sepeda, pemandu wisata sepeda, snack, dan aktivitas membuat kerajinan tangan. 

Wisata Sepeda Borobudur (T. 0812-2962-533) juga menyediakan aktivitas serupa, dengan harga yang disesuaikan dengan kebutuhan tur. Tak hanya itu, pihak pengelola pun menyediakan pemandu dengan tarif Rp100.000 untuk maksimal rombongan 20 orang. Dengan demikian, kamu tak perlu lagi pusing memikirkan rute gowes terbaik, dan tinggal menyerahkan semuanya kepada sang pemandu dan dapat lebih menikmati wisata sepeda di sekitar Borobudur. 

Waktu terbaik untuk menikmati gowes adalah antara pukul 06:00 hingga 09:00, ketika kamu dapat melihat suasana pagi dan keseharian penduduknya. Opsi waktu ini juga bisa kamu pilih bila sebelum gowes ingin berburu matahari terbit terlebih dahulu di Candi Borobudur atau Punthuk Setumbu, kemudian berkunjung ke Candi Borobudur setelahnya. 

Kamu juga dapat gowes antara pukul 15:00 hingga 18:00, ketika sinar matahari senja menawarkan pencahayaan terbaik untuk berfoto. Opsi ini terutama direkomendasikan untuk kamu yang ingin menikmati suasana desa di sore hari sekaligus memotret pemandangan matahari terbenam di area persawahan. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here