Tebing Gricil Tawarkan Jogging Track dengan Pemandangan Sungai Ciliwung

Foto: Dok. Google Maps/Ayi Rustiadi

Masih ingat dengan Kampung Warna-warni di Kelurahan Katulampa, Bogor Timur yang foto-fotonya sempat ramai di media sosial? Baru-baru ini, kelurahan tersebut kembali menghadirkan destinasi wisata baru untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan.

Dinamai Tebing Gricil, destinasi ini dibangun secara swadaya oleh warga perumahan Griya Katulampa. Menawarkan pemandangan tebing sungai dan Bendung Katulampa, objek wisata ini pun dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, termasuk jogging track sepanjang 1,7 kilometer.

Foto: Instagram @ayiexxx

Dengan demikian, sembari berlari dan berolahraga di sepanjang trek tersebut, kamu pun dapat menikmati pemandangan eksotis di sepanjang aliran Sungai Ciliwung tersebut. Suara gemericik air yang berpadu dengan semilir angin bakal membuat kamu serasa berada jauh dari ibu kota.

Ingin mengistirahatkan kaki? Tak perlu khawatir, di sepanjang trek ini terdapat beberapa bangku untuk bersantai. Opsi lainnya, kamu dapat duduk di sepanjang tembok batu warna-warni di sekeliling trek, atau berbaring di hammock yang diikatkan di antara dua pohon.

Foto: Dok. Google Maps/Winarso Sumaryo

Rencananya kawasan wisata Tebing Gricil ini juga akan terintegrasi dengan kebun organik seluas 2.000 meter persegi. Kebun berkonsep urban farming ini sendiri sudah lama dikelola komunitas petani muda yang berdomisili di Bogor.

Dengan suasana yang nyaman dan asri, tentu membut kunjungan ke sini pun semakin menyenangkan. Kamu pun tak hanya dapat berolahraga, namun juga sekalian berwisata edukasi di sini.

Fasilitas di sini masih terbilang minim, namun jangan khawatir, karena ke depannya warga sekitar akan membangun sejumlah fasilitas dengan tetap menjaga keasrian alam dan memperhatikan ekosistem aliran Sungai Ciliwung. Mereka bahkan tak akan menebang pohon, selain melakukan normalisasi aliran air agar bisa menjadi tempat hidup ikan.

Foto: Dok. Google Maps/Ayi Rustiadi

Bila ingin berkunjung dalam waktu dekat, pastikan membawa perbekalan sendiri karena belum banyak warung yang berjualan di sini. Kamu juga dapat membawa tikar dan berpiknik di bawah rindangnya pepohonan, namun jangan lupa untuk membuang sampah di tempat dan tidak mengotori lingkungan ya!

Untuk mengakses tempat wisata ini, kamu dapat mengandalkan Google Maps. Lokasinya berada di Jalan Katulampa Raya, atau tepatnya di dalam kawasan perumahan Griya Katulampa.

Dari pusat kota Jakarta, Tebing Gricil dapat ditempuh dengan satu jam berkendara via Jalan Tol Jagorawi. Sementara dari Kebun Raya Bogor, letaknya hanya sekitar tujuh kilometer jauhnya, atau sekitar setengah jam berkendara via Jalan Pahlawan atau Jalan Ir. H. Juanda.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here