Seru, Gowes Blusukan Masuk Hutan UI

Ingin mencoba rintangan gowes baru? Kamu dapat mengunjungi Bike Park di Hutan UI yang berada di dalam kawasan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Sesuai namanya, trek ini berada di dalam hutan yang rimbun dengan jalur tanah sepanjang sekitar enam kilometer.

Foto: Instagram @achanali

Karena kontur tanahnya beragam, trek di sini pun dirancang untuk penikmat off-road yang ingin uji nyali melintasi beragam medannya. Suasana sekitar yang asri juga membuat pengalaman ini lebih berkesan, karena serasa sedang di luar kota.

Foto: Instagram @achanali

Trek di sini berbagai macam, dari mini downhill, pump track, dirt jump, hingga dual cross. Bagi pesepeda pemula, kamu tetap dapat menikmati jalur lain yang lebih minim rintangan, walau tetap terbilang menantang dengan beberapa titik yang cukup terjal. Secara umum, sepeda yang cocok untuk melintas di bike park ini adalah cross country (XC), walau bisa juga untuk mountain bike.

Foto: Instagram @ysfraysha

Disarankan untuk menghindari bersepeda saat atau setelah hujan turun, karena bisa sangat licin. Tanahnya pun bisa sangat berlumpur, sehingga susah digowes dan bisa membuat roda terjebak.

Foto: Instagram @ysfraysha

Tertarik mencoba? Kamu tak perlu membayar biaya masuk, namun disarankan untuk mengenakan pengaman, seperti helm, sarung tangan, dan body protector, selain membawa air minum karena di sana tak banyak warung yang berjualan.

Foto: Instagram @amiiriskyerlangga16

Pintu jalur Bike Park ini sendiri ada dekat Fakultas Teknik. Setiba di lokasi, kamu bisa menanyakan arah kepada pihak keamanan yang berjaga.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here