Seru-seruan ala Film “The Maze Runner” di Labirin Taman Bunga Nusantara

Belakangan ini, bila mencari informasi seputar tempat-tempat wisata di Bogor di media sosial, kamu dapat dengan mudah menemukan foto taman labirin raksasa dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Bila tak melihat caption atau tag lokasinya, sulit percaya rasanya kalau tempat ini ada di Indonesia, bahkan dapat dicapai dengan mudah dari Puncak.

Merupakan salah satu atraksi yang ada di Taman Bunga Nusantara, taman labirin yang mengingatkan akan film “The Maze Runner” ini memiliki dinding yang terbuat dari tanaman dengan tinggi mencapai dua meter.

Karena jalurnya rumit dan berliku, kamu pun dapat bekerja sama dengan temanmu untuk menemukan jalan keluar, atau menggunakan peta yang disediakan pihak pengelola (dijual seharga Rp2.000) bila takut tersesat.

Opsi lainnya, kamu bisa meminta salah satu teman untuk naik ke Menara Pandang setinggi 29 meter dan membantu mencarikan jalan keluarnya. Pastikan juga singgah sejenak di bagian tengah labirin yang berupa taman mungil dengan rancangan bunga dan pohon yang apik.

Terbesar di Jawa Barat

Menempati lahan seluas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara yang merupakan taman bunga terbesar di Jawa Barat ini tak hanya memiliki taman labirin, namun juga berbagai taman tematik lainnya.

Total ada sembilan jenis taman di sini, termasuk Taman Air dengan berbagai jenis tumbuhan air dan patung tanaman berbentuk dinosaurus yang cocok untuk latar foto, Taman Bali dengan beberapa bangunan dan tanaman khas Pulau Dewata, Taman Amerika yang mengusung suasana pedesaan dengan bunga perdu warna-warni, hingga Taman Prancis yang akan membawamu kembali ke masa Renaisans di abad 17. Banyak sekali, bukan?

Untungnya, Taman Bunga Nusantara menyediakan beberapa kendaraan untuk memudahkan pengunjung mengelilingi area ini. Sebut saja Wira Wiri yang merupakan mobil bak terbuka dengan biaya Rp5.000 per orang.

Opsi lain, kamu bisa memilih tiket masuk yang sudah termasuk keliling taman dengan Garden Tram atau Dotto Trains. Harganya sama, yakni Rp50.000, sudah termasuk tiket masuk Taman Bunga Nusantara.

Bila dibeli terpisah, harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara adalah Rp40.000 per orang. Kalau membawa kendaraan, biaya parkirnya Rp10.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil.

Buka setiap hari pukul 09:00 hingga 17:00, taman ini terletak di Jalan Mariwati Km. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Dari Puncak, lokasinya sekitar 14 kilometer jauhnya, atau dapat ditempuh dengan 35 menit berkendara. Kunjungan disarankan dilakukan di hari kerja untuk menghindari kemacetan di area Puncak.

Tip Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

  • Selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku, yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman dengan pengunjung lain.
  • Sedia payung karena cuaca di daerah pegunungan bisa sewaktu-waktu berubah.
  • Kenakan jaket atau pakaian hangat karena cuacanya cukup dingin, terutama di pagi dan sore hari.
  • Siapkan bekal sendiri, karena kamu bisa berpiknik di salah satu lokasi piknik yang tersedia, atau belasan gazebo yang terbesar di taman.
  • Opsi lainnya, kamu bisa bersantap di tempat makannya dengan harga yang terjangkau, yakni mulai Rp10.000 untuk camilan dan mulai Rp20.000 hingga Rp35.000 untuk makanan berat.
  • Jaga kebersihan taman. Sediakan kantong plastik untuk berjaga-jaga bila tidak menemukan tempat sampah. Jangan pula sembarangan memetik dan menginjak rumput dan tanaman di sana.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here